Jutaan Rumah Kosong di Jepang Bisa Dimiliki Gratis, Kok Bisa? Ternyata ini Sederet Alasannya

- 17 Februari 2023, 07:45 WIB
Jutaan rumah di Jepang ditinggal penghuninya.
Jutaan rumah di Jepang ditinggal penghuninya. /Toru Hanai/Reuters

PRFMNEWS – Pemerintah Jepang membuka program untuk mengurangi jumlah rumah terbengkalai yang dibiarkan kosong karena ditinggalkan penghuninya atau disebut ‘Akiya’.

Program ini disiapkan Pemerintah Jepang karena di seluruh penjuru Negeri Sakura itu tercatat ada sebanyak 8 juta rumah kosong tak berpenghuni.

Melansir Its Your Japan, ada beberapa alasan atau penyebab jutaan rumah Akiya itu dibiarkan kosong, bahkan salah satunya berbau takhayul.

Baca Juga: Atasi Macet di Berbagai Kota, Jokowi Minta Pabrikan Motor-Mobil Jual Produknya ke Luar Negeri

Adapun alasan secara umum rumah itu dibiarkan kosong karena pemiliknya sudah tidak sanggup mengelola dan enggan membayar pajak lagi.

Untuk itu, Pemerintah Jepang rela menjual rumah kosong dengan berbagai ukuran dan kondisi bangunan ini dengan harga sangat murah bahkan secara cuma-cuma alias gratis.

Rumah kosong di Jepang ini tak jarang dilepaskan secara gratis kepada pemilik baru yang berminat sebab jika dibiarkan akan semakin merusak pemandangan.

Terlebih biaya perawatan dan penghancuran rumah di Jepang terbilang mahal. Parahnya lagi, pada beberapa kasus, rumah kosong ini malah menjadi sasaran vandalisme.

Baca Juga: Ungkap Harapan pada Ketum PSSI Baru, Teddy Tjahjono: Erick Thohir Punya Peran Besar di Persib

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x