Jumlah Penduduk Jepang Diprediksi Turun Drastis di 2060, Penduduk Enggan Punya Anak, Populasi Kian Menua

- 17 Februari 2023, 07:30 WIB
Ilustrasi penduduk Jepang.
Ilustrasi penduduk Jepang. /Kim Kyung-Hoon/REUTERS

PRFMNEWS - Populasi penduduk Jepang yang berjumlah 128 juta jiwa diramalkan akan menyusut sepertiganya, dan masyarakat lansia di atas 65 tahun akan berjumlah 40 persen pada tahun 2060.

Prediksi jumlah penduduk Jepang akan berkurang drastis pada 2060 dengan jumlah masyarakat lansia akan semakin mendominasi kini mulai terlihat.

Bahkan, Jepang tengah jadi perbincangan di media sosial akibat beberapa rumah di Negeri Sakura itu mulai terlihat kosong tak berpenghuni, dan sejumlah sekolah tutup karena tak ada siswa bersekolah.

Baca Juga: Amerika Serikat Desak App Store dan Play Store Hapus TikTok, Ada Apa?

Kondisi tersebut terjadi lantaran sebagian dari populasi Jepang sudah kian menua sementara angka kelahiran bayi masih sangat rendah.

Data yang dirilis Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Jepang menunjukkan tenaga kerja dalam negeri berusia antara 15 – 65 tahun akan menyusut menjadi sekitar setengah dari total populasi.

Kemudian perkiraan tingkat kesuburan atau jumlah anak yang lahir di Jepang ditetapkan terus menurun dari 1,39 pada tahun 2010 menjadi sebesar 1,35 pada 2060 mendatang.

Baca Juga: 15 Rekomendasi Restoran Jepang Terbaik di Bandung yang Super Oishii

Jumlah kelahiran bayi tersebut jauh di bawah angka yang dibutuhkan untuk menjaga populasi Jepang tidak menurun.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: The Guardian


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x