Kedai Ditutup Usai Video Viral Tikus Makan Ayam Goreng di Etalase, Begini Kata Pemerintah Malaysia

- 26 Desember 2022, 14:53 WIB
Ilustrasi ayam goreng.
Ilustrasi ayam goreng. /Brian Chan/Unsplash/

 

PRFMNEWS – Sebuah kedai di Pandan Indah, Kuala Lumpur ditutup oleh Kementerian Kesehatan Malaysia usai viral satu video memperlihatkan tikus menggigiti ayam goreng di tempat makan tersebut.

Sehari usai viral, video tikus makan ayam goreng di etalase penghangat makanan di kedai ini langsung diselidiki oleh Divisi Keamanan dan Mutu Pangan, Kementerian Kesehatan Malaysia.

Hasilnya, satu kedai di Malaysia ini ditutup selama 14 hari karena terbukti tidak menjaga kebersihan makanan yang dijual dengan adanya tikus memakan ayam goreng di etalase penghangat makanan.

Baca Juga: 10 Daftar Negara dengan Jumlah Tahanan Terbanyak di Dunia, Apakah Indonesia Masuk Didalamnya?

Melansir laman Malaymail, Direktur Jenderal Kesehatan Malaysia Noor Hisham Abdullah menyebutkan bahwa kebersihan makanan di kedai ini tidak memuaskan.

Penutupan kedai yang memperlihatkan tikus makan ayam goreng di etalase dan terbukti tidak higienis ini, kata Noor, mengacu pada Pasal 11 Undang-Undangan Pangan Malaysia tahun 1983.

“Selain menutup kedai itu selama 14 hari, kami juga mengeluarkan enam surat pemberitahuan di bawah Peraturan Kebersihan Makanan 2009 karena tempat makan itu dinilai gagal dalam beberapa aspek pengendalian penyiapan makanan yang bersih dan aman,” ujarnya, Minggu 25 Desember 2022.

Baca Juga: Update Longsor Malaysia, Tim Penyelamat Temukan Korban Terakhir di Batang Kali

Noor juga mengatakan Kementerian Kesehatan Malaysia memandang serius masalah kebersihan dan keamanan makanan di suatu tempat makan.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x