Meski Catat Kasus Corona Tertinggi di Dunia, Trump Sebut Tak Akan Ada Lagi Lockdown di AS

- 18 Juni 2020, 17:42 WIB
Ilustrasi virus corona.
Ilustrasi virus corona. /PRFMNEWS

PRFMNEWS – Amerika Serikat (AS) masih berada di posisi pertama sebagai negara dengan jumlah kasus infeksi Covid-19 tertinggi di dunia, hingga Rabu (17/6/2020) kemarin.

Setidaknya, berdasarkan data Worldometer, total kasus yang tercatat di Negeri Paman Sam ini mencapai 2.208.787 kasus.

Baca Juga: Update 18 Juni: Positif Covid-19 Kabupaten Bandung Bertambah Seorang, Total Menjadi 92

Meski jumlah kasus terus bertambah, Presiden AS Donald Trump menyatakan bahwa negaranya tidak akan lagi menghentikan kegiatan ekonomi di bawah aturan karantina wilayah (lockdown).

"Kami tak akan menutup negara ini lagi. Kami tak harus melakukannya," kata Trump dalam sebuah wawancara di stasiun TV Fox News Channel.

Baca Juga: Banyak Job Ditunda Akibat Corona, Andika Eks Kangen Band Jualan Beras

Dikutip ANTARA dari Reuters, pernyataan Trump tersebut keluar setelah penasihat ekonomi Gedung Putih Larry Kudlow dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin menyatakan hal yang sama.

Sementara itu, New York Times melaporkan Wakil Presiden Mike Pence mendorong para gubernur negara bagian untuk menyatakan bahwa lonjakan jumlah kasus baru Covid-19 terjadi karena jumlah pengujian yang meningkat--sebagaimana klaim pemerintah pusat.

Baca Juga: Update 18 Juni: Kasus Positif Covid-19 di Indonesia Menjadi 42.762

Namun temuan analis New York Time menunjukkan kasus positif justru melampaui angka pengujian rata-rata yang dilakukan pemerintah, setidaknya, di 14 negara bagian.

Pada Maret lalu, AS menutup sejumlah lokasi publik, seperti restoran, pusat kebugaran, dan sekolah, selagi bersiap dengan penanganan wabah Covid-19.

Baca Juga: CFD di Jakarta akan Diaktifkan Kembali Mulai Minggu ini

Di sisi lain, jutaan penduduk AS harus kehilangan pekerjaan akibat pandemi, khususnya dengan aturan penghentian kegiatan ekonomi sementara tersebut.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Permenpan RB REUTERS


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x