Mikhail Gorbachev, Pemimpin Soviet Terakhir Meninggal di Usia 91 Tahun

- 31 Agustus 2022, 10:15 WIB
Mikhail Gorbachev meninggal dunia.
Mikhail Gorbachev meninggal dunia. /Reuters/

PRFMNEWS - Mikhail Gorbachev, pemimpin terakhir Uni Soviet meninggal pada usia 91 tahun. Ia memimpin Uni Soviet dari 1985 hingga runtuh pada 1991.

"Gorbachev meninggal malam ini setelah sakit yang serius dan lama," kata Rumah Sakit Klinik Pusat di Moskow pada Selasa malam, seperti dikutip oleh prfmnews.id dari Aljazeera.

Pembubaran blok Soviet — ditandai dengan pengunduran diri Gorbachev tahun 1985 yang ditandai dengan berakhirnya Perang Dingin dan menyebabkan kemerdekaan beberapa negara Eropa Timur serta pembentukan negara Rusia modern.

Gorbachev meninggal saat Rusia sedang melanjutkan invasinya ke Ukraina, yang telah meningkatkan ketegangan antara Moskow dan Barat.

Baca Juga: PBNU dan Ridwan Kamil Komentari Pernyataan Uu Ruzhanul Soal Poligami jadi Solusi HIV/AIDS, Begini Kata Mereka

ia akan dimakamkan di Pemakaman Novodevichy Moskow di sebelah istrinya Raisa, yang meninggal pada 1999 dan hal ini sesuai dengan keinginan keluarganya.

Gorbachev menjadi sekretaris jenderal Partai Komunis Soviet pada tahun 1985, ia orang yang mendorong untuk merevitalisasi sistem dengan memperkenalkan beberapa kebebasan politik dan ekonomi.

Dia juga menahan diri dari menggunakan kekuatan untuk menundukkan protes pro-demokrasi di negara-negara blok Soviet di Eropa Timur komunis pada tahun 1989.

Tetapi Uni Sovyet mulai runtuh dua tahun setelah ia berjuang mempertahankan keruntuhan tersebut.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Aljazeera


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x