Jamaah Haji Diimbau Jaga Sandal Masing-masing, Saking Panasnya Cuaca Bisa Bikin Kaki Terluka

- 27 Juni 2022, 17:30 WIB
Ilustrasi haji.
Ilustrasi haji. /Pixabay/Abdulloh_Shakoor

PRFMNEWS - Jemaah Haji asal Indonesia diminta untuk menjaga sandalnya masing-masing. Pasalnya, urusan sepele seperti ini bisa menjadi masalah bagi dirinya sendiri.

Sandal bahkan bisa menjadi sarana 'penyelamat' bagi para jemaah haji ketika di Masjid Nabawi di Madinah atau di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi.

Musim Haji tahun 1443 Hijriyah/2022 Masehi kebetulan bersamaan dengan musim panas di Arab Saudi. Saat ini, suhu udara siang hari di Madinah kisaran 46 derajat celsius dan di Mekkah 43 derajat celsius.

Baca Juga: Bukan Sekedar Gelang Biasa, Gelang Produk Asli Indonesia Ini Ternyata Menyimpan Data Penting Jemaah Haji

Suhu udara bakal terus naik. Puncaknya akan berlangsung saat amalan haji di Arafah, Muzdalifah, Mina pada awal Juli 2022 nanti. Saat itu, suhu diperkirakan bisa capai 50 derajat celsius.

Ketika berjalan di ruang terbuka di Madinah dan Mekkah saat tengah hari, siapa pun bakal tersengat terik matahari. Terik itu juga memanaskan apa saja yang ada di permukaan tanah: aspal, beton, keramik, tegel, atau batu.

Jika tersengat panas seharian, semua benda itu juga bakal menularkan panas pada orang yang berjalan telanjang kaki, termasuk jemaah haji yang kehilangan sandal. Semakin lama sentuhan, semakin besar kemungkinan tercipta luka di telapak kaki jemaah tanpa alas.

Baca Juga: Jamaah Haji Diwanti-Wanti Jangan Sampai Alami Dehidrasi Akibat Suhu di Arab Saudi yang Tinggi

Kondisi itulah yang terjadi pada awal kedatangan jemaah Indonesia di Madinah sejak 4 Juni 2022 lalu. Banyak jemaah yang menjadi korban. Tim Media Center Haji (MCH) Daerah Kerja Madinah beberapa kali melaporkannya.

Contohnya yaitu seorang anggota jemaah bernama Seger Marso dari Embarkasi Surabaya, Jawa Timur. Kehilangan sandal saat salat di Masjid Nabawi, Madinah, dia nekat pulang ke hotel dengan kaki telanjang alias tanpa sandal.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana

Sumber: Kemenag


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x