Presiden RI ke Ukraina Akhir Juni, Paspampres Siapkan 3 Benda ini Untuk Ekstra Lindungi Keselamatan Jokowi

- 23 Juni 2022, 17:20 WIB
Paspampres siapakan berbagai peralatan untuk melindungi Presiden Jokowi dalam kunjungan ke Ukraina.
Paspampres siapakan berbagai peralatan untuk melindungi Presiden Jokowi dalam kunjungan ke Ukraina. /ANTARA FOTO/Indra Arief

PRFMNEWS - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan berkunjung ke wilayah perang Kiev, Ukraina pada akhir Juni 2022. Kabar ini membuat Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) mempersiapkan sejumlah alat perlindungan diri ekstra bagi Jokowi.

Tiga alat perlindungan disiapkan Paspampres untuk memastikan keamanan dan keselamatan diri Presiden Jokowi selama berada di Kiev, Ukraina.

Guna melindungi Jokowi selama kunjungan di Kiev, Ukraina, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo mengatakan, timnya menyiapkan pelindung kepala, rompi antipeluru, dan membawa senjata laras panjang.

"Kami sudah menyiapkan helm, rompi untuk kegiatan di sana. Kami sudah siapkan semuanya. Untuk senjata, yang biasanya kami tidak menggunakan senjata laras panjang, dari pihak Ukraina sudah memberi kami keleluasaan untuk membawanya," kata Tri, dikutip prfmnews.id dari laman ANTARA.

Baca Juga: Kronologi Pesawat Susi Air Kecelakaan di Papua hingga Proses Evakuasi Penumpang di Titik Lokasi Jatuh

Tri lanjut menjelaskan, nantinya pelindung kepala dan rompi antipeluru akan dikenakan Jokowi dan delegasi selama beraktivitas di Kiev.

“Jumlah senjata laras panjang yang dibawa disesuaikan dengan jumlah personel Paspampres yang mendampingi Presiden ke lokasi, yakni 10 personel tim penyelamatan, 19 personel grup utama, serta 10 personel tim pendahulu yang direncanakan berangkat ke Kiev lebih dulu pada Kamis hari ini,” tuturnya.

Menurutnya, pihak Ukraina tidak membatasi jumlah amunisi atau peluru yang boleh dibawa guna memenuhi kebutuhan penggunaan senjata laras panjang yang dipersiapkan.

"Komunikasi maupun koordinasi dengan KBRI dan mereka (Ukraina) sudah kami lakukan. Selanjutnya nanti tim pendahulu akan ke sana, lebih melekat lagi," jelasnya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: ANTARA


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x