Melalui Karla Bionics, Pertama Kalinya Indonesia Juara Kompetisi Pengembangan Teknologi Alat Bantu Difabel

- 22 Juni 2022, 17:48 WIB
Pilot bersama Dhona Dhameria Marchiana Referee (kiri)  Nurfalah Samsudi Aprilian sebagai Time Keeper (kanan)
Pilot bersama Dhona Dhameria Marchiana Referee (kiri) Nurfalah Samsudi Aprilian sebagai Time Keeper (kanan) /dok Karla Bionics


PRFMNEWS - Indonesia untuk pertama kalinya berhasil meraih juara dalam kompetisi tingkat internasional untuk pengembangan teknologi alat bantu penyandang difabel.

Karla Bionics, startup binaan kampus ITB yang berhasil mengharumkan tanah air dalam kompetisi CYBATHLON Challenges 2022 dalam disiplin Arm Prosthesis Race (ARM).

Karla Bionics menjadi juara ketiga bersaing dengan Swedia, Perancis, dan Spanyol dalam CYBATHLON Challenges di Swiss.

Baca Juga: Malam Puncak Pemilihan Duta Kampus ITB Tahun 2022, Ini Nama-nama Mahasiswa yang Terpilih jadi Duta Kampus ITB

Pada kesempatan kali ini Karla Bionics mengikuti disiplin Arm Prosthesis Race (ARM), untuk menguji "Lengan Prostesis K22BP" yaitu lengan prostesis yang dikembangkan dengan pertimbangan keterjangkauan (affordable) sehingga dapat diakses oleh berbagai lapisan masyarakat yang memiliki kendala difabel.

Pengguna teknologi ARM dari Karla Bionics adalah Yayat Supriatna yang merupakan seorang drummer rock penyandang difabel.

Pada kompetisi ini, bukan hanya performa teknologi yang diuji, melainkan juga ketangkasan pilot dalam mengendalikan teknologi tersebut.

Baca Juga: Kampus ITB Sampaikan Keprihatinan Hilangnya Emmeril Kahn Mumtadz

Meski teknologi lengan prostesis ciptaan Karla Bionics ini terbilang sederhana dibandingkan para pesaingnya, namun berkat harmonisasi ketangkasan Yayat sang Pilot dan teknologi yang ramah guna, performa perdana Karla Bionics di CYBATHLON Challenge berhasil memukau berbagai pihak di kompetisi tersebut.

"Dengan pendekatan yang sesuai dengan sosial dan ekonomi Indonesia secara fungsi setara dengan teknologi yang berkembang di negara Barat," kata Inventor dan Team Manager Karla Bionics, Wildan Trusaji.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x