Update Hari Ketiga, Dubes RI Ungkap Metode yang Digunakan dan Kendala Pencarian Eril di Sungai Aare Swiss

- 28 Mei 2022, 20:00 WIB
Dubes RI Muliaman Hadad menyatakan pencarian terhadap Eril putra Ridwan Kamil yang hilang di sungai Aare, Bern, Swiss, tidak dibatasi waktu maksimum
Dubes RI Muliaman Hadad menyatakan pencarian terhadap Eril putra Ridwan Kamil yang hilang di sungai Aare, Bern, Swiss, tidak dibatasi waktu maksimum /Tangkap layar YouTube/ Diccon Bewes

PRFMNEWS - Update proses pencarian anak sulung Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) yang hilang di Sungai Aare, Bern, Swiss hingga hari ketiga diungkap Dubes RI untuk Swiss Muliaman Hadad.

Kabar terbaru yang disampaikan Muliaman yakni terkait kendala dan metode atau cara yang digunakan selama pencarian Eril oleh Tim SAR Gabungan Swiss di Sungai Aare hingga hari ketiga ini, Sabtu 28 Mei 2022.

Informasi terkini seputar kendala dan metode yang digunakan Tim SAR Gabungan Swiss dalam proses pencarian Eril di Sungai Aare diungkap Muliaman saat konferensi pers virtual hari ini di Gedung Pakuan Bandung.

Kendala selama proses pencarian Eril yang dialami Tim SAR Gabungan Swiss, kata Muliaman, sangatlah situasional dan berbeda di setiap harinya. Mulai dari cuaca, kejernihan, dan debit air Sungai Aare.

Baca Juga: Susi Pudjiastuti Doakan Anak Ridwan Kamil Cepat Ditemukan

Menurutnya, kejernihan air Sungai Aare yang bersumber dari lelehan salju Pegunungan Alpen dipengaruhi pula oleh cuaca hujan.

Butiran-butiran salju yang mencair ditambah hujan memicu kekeruhan air sehingga jadi kendala untuk penyelaman hingga ke dasar sungai. Ditambah suhu air saat ini mencapai 16 derajat Celcius sehingga relatif dingin.

"Kendala sangat situasional karena sangat ditentukan situasi pada hari H di mana pelaksanaan pencarian itu dilakukan. Terkait derasnya, kekeruhan arus air, dan lain sebagainya. Kendala alam seperti ini menjadi ciri khas kendala bagi para petugas SAR," ujar Muliaman.

Dia pun berharap agar kondisi alam termasuk cuaca turut mendukung Tim SAR Gabungan Swiss dalam pencarian putra pertama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil itu.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x