Cacar Monyet Bikin Heboh Eropa, Sudah Menyebar ke AS hingga Australia

- 23 Mei 2022, 14:15 WIB
Ilustrasi - cacar monyet.
Ilustrasi - cacar monyet. /CYNTHIA S. GOLDSMITH, RUSSELL RE/VIA REUTERS


PRFMNEWS - Baru-baru ini sebuah wabah cacar monyet merebak luas di berbagai negara Eropa. Para ilmuwan sedang berusaha memahami asal usul kasus tersebut.

Sebagian besar kasus yang dilaporkan sejauh ini telah terdeteksi di Inggris, Spanyol dan Portugal.

Ada juga kasus di Kanada dan Australia, dan satu kasus cacar monyet dikonfirmasi di Boston, dengan pejabat kesehatan masyarakat mengatakan lebih banyak kasus kemungkinan akan muncul di Amerika Serikat.

Baca Juga: Inggris Peringatkan Pria Gay dan Biseksual soal Penularan Cacar Monyet di Kelompok Mereka

Pejabat WHO telah menyatakan keprihatinan bahwa lebih banyak infeksi dapat muncul ketika orang berkumpul untuk festival, pesta, dan liburan selama bulan-bulan musim panas mendatang di Eropa dan di tempat lain.

Agar bisa melindungi diri terhadap infeksi ini, pemerintah Inggris telah mulai menginokulasi petugas kesehatan yang mungkin berisiko saat merawat pasien dengan vaksin cacar, yang juga dapat melindungi dari cacar monyet.

Dilansir dari Reuters,Pemerintah AS mengatakan memiliki cukup vaksin cacar yang disimpan di Strategic National Stockpile (SNS) untuk vaksinasi seluruh penduduk AS.

Baca Juga: WHO Prediksi Akan Ada Lebih Banyak Kasus Cacar Monyet Muncul Secara Global

Baca Juga: Simak! Fakta dan Tanda Cacar Monyet yang Ditemukan di 12 Negara

Selain itu ada juga obat antivirus untuk cacar yang dapat digunakan untuk mengobati cacar monyet dalam keadaan tertentu, kata juru bicara Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x