PBB Akhirnya Mengecam Rusia Atas Invasi Terhadap Ukraina, Negara Vladimir Putin Terancam Diisolasi

- 2 Maret 2022, 16:45 WIB
Tentara Ukraina terlihat di sebelah kendaraan lapis baja yang hancur, yang mereka katakan milik tentara Rusia, di luar Kharkiv, Ukraina 24 Februari 2022.
Tentara Ukraina terlihat di sebelah kendaraan lapis baja yang hancur, yang mereka katakan milik tentara Rusia, di luar Kharkiv, Ukraina 24 Februari 2022. /Maksim Levin/Reuters

PRFMNEWS - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menegur Rusia pada atas invasinya ke Ukraina dan menuntut agar Moskow berhenti berperang dan menarik pasukan militernya, Rabu, 2 Maret 2022

Hal tersebut dilakukan PBB dengan tujuan secara diplomatis mengisolasi Rusia di badan dunia.

Sehari sebelumnya, diketahui 193 anggota dari Majelis Umum telah menandatangani sebagai sponsor bersama dari rancangan resolusi menjelang pemungutan suara pada hari ini Rabu, 2 Maret 2022.

Teks tersebut bertuliskan menyesalkan agresi atau invasi Rusia terhadap Ukraina.

Baca Juga: Jokowi Umumkan Kasus Covid-19 Pertama di Indonesia Pada 2 Maret Dua Tahun yang Lalu

Hal ini mirip dengan rancangan resolusi yang diveto oleh Rusia di Dewan Keamanan beranggotakan 15 orang sebelumnya.

Tidak ada negara yang memiliki hak veto di Majelis Umum dan diplomat Barat mengharapkan resolusi yang membutuhkan dukungan dua pertiga, untuk diadopsi.

"Perang Rusia menandai kenyataan baru. Ini mengharuskan kita masing-masing untuk mengambil keputusan yang tegas dan bertanggung jawab serta memihak," kata Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock kepada Majelis Umum PBB pada Selasa kemarin. Dikutip prfmnews.id dari laman Reuters pada Rabu, 2 Maret 2022.

Baca Juga: Kabar Terkini: Rusia Meningkatkan Serangan ke Kota-Kota Terbesar di Ukraina

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x