Peringatan Tsunami Dikeluarkan untuk Pantai Barat AS dan Alaska, Usai Gunung Api Hunga Tonga Meletus

- 16 Januari 2022, 14:15 WIB
Tampilan satelit dari letusan gunung berapi bawah laut di Tonga Gumpalan putih naik di atas Tonga ketika gunung berapi bawah laut Hunga Tonga-Hunga Ha'apai meletus
Tampilan satelit dari letusan gunung berapi bawah laut di Tonga Gumpalan putih naik di atas Tonga ketika gunung berapi bawah laut Hunga Tonga-Hunga Ha'apai meletus /Foto: via REUTERS/CIRA/NOAA/

PRFMNEWS - Peringatan tsunami dikeluarkan untuk Pantai Barat Amerika Serikat dan Alaska pada Sabtu, 15 Januari 2022. Pasca sebuah gunung berapi bawah laut Hunga Tonga meletus.

Pusat Peringatan Tsunami Nasional mengeluarkan peringatan tsunami untuk seluruh Pantai Barat dan Alaska setelah letusan gunung berapi bawah laut di Pasifik Tonga.

Baca Juga: Peringatan 17 Tahun Tsunami Aceh, Gubernur Jabar: Hari Ini Saya Melihat Infrastruktur Begitu Maju

Sebelumnya juga Badan Meteorologi Jepang, menyampaikan bahwa tsunami telah mencapai Kepulauan Amami, Jepang, yang saat ini menjadi sasaran peringatan tsunami.

Seorang seismolog yang telah mengamati peristiwa di Pasifik, Lucy Jones menyampaikan, menurutnya gunung berapi telah meletus selama sebulan terakhir, tetapi ini adalah peristiwa yang paling eksplosif.

"Ini adalah tsunami terbesar dari gunung berapi yang saya ketahui," kata Jones, seperti dikutip prfmnews.id dari ABC News Minggu, 16 Januari 2022.

Baca Juga: BMKG Cabut Peringatan Dini Tsunami NTT, Tapi Ada Imbauan yang Perlu Diperhatikan Warga

Peringatan tersebut memiliki arti bahwa tsunami dapat menghasilkan arus atau gelombang yang kuat di dekat garis pantai. Tetapi peringatan tersebut tidak menunjukkan peristiwa tsunami besar, dimana air secara aktif memasuki masyarakat pesisir.

Dalam keadaan ini, tsunami hanya berbahaya bagi mereka yang berada di air atau di pantai terdekat, kemungkinan perenang atau pelaut.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x