11 Film Horor tentang Kisah Mistis-Mitos di Indonesia, Berani Nonton Sendirian?

Penulis: Ema Rachmawati
Editor: Indra Kurniawan
Lebih Serem dari KKN, Berikut Sinopsis dari Film Horor Tarian Lengger Maut, yang Bukan dari LK21 dan Rebahin
Lebih Serem dari KKN, Berikut Sinopsis dari Film Horor Tarian Lengger Maut, yang Bukan dari LK21 dan Rebahin /Tangkap Layar Kanal Youtube VISINEMA

PRFMNEWS - Film horor Indonesia selalu memberikan kisah-kisah menarik karena banyaknya mitos atau kepercayaan dianut masyarakat Indonesia.

Tak heran jika film horornya banyak yang menyoroti budaya mistis atau alam gaib yang populer di tengah masyarakat. Mulai dari santet, arwah penasaran, hingga tarian mistis.

Hal itu memantik para sineas lokal menciptakan karya ciamik dan menjadi tontonan menghibur sekaligus mengangkat kultur budaya Indonesia.

Baca Juga: Makin Canggih! Ini Perbedaan Paspor Desain Baru dan Lama, Resmi Diluncurkan Imigrasi di 17 Agustus 2024

Sebagian besar diambil dari cerita rakyat turun-temurun yang sampai saat ini masih dipercaya. Banyaknya kisah mistis mitos-mitos Indonesia membuat filmmaker tertarik menyajikannya di layar lebar. Apa saja? Simak di bawah ini.

1. Satu Suro

Film Satu Suro bercerita tentang pasangan muda yang diteror terus-menerus oleh makhluk halus. Film horor ini mengingatkan kita dengan judul serupa, Malam Satu Suro (1988) yang dibintangi Suzanna. Meski judulnya hampir sama, kisah yang ditampilkan berbeda.

Malam Satu Suro dalam budaya Jawa dipercayai sebagai malam yang mistis dan menyeramkan, karena dianggap sebagai “hari raya” makhluk halus.

Di film Anggy Umbara ini berbagai bentuk makhluk halus yang menyeramkan muncul. Bahkan bentuk yang selama ini tidak terbayangkan bisa membuat penonton menjerit.

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub