Startup Lokal Bandung Ciptakan Metaverse yang Dapat Diakses Lewat Web, Tanpa Perangkat VR

- 28 Februari 2023, 19:19 WIB
Salah satu visual dunia digital di Assemblr Metaverse
Salah satu visual dunia digital di Assemblr Metaverse /dok Assemblr

PRFMNEWS - Teknologi Metaverse terus berkembang pesat dengan berbagai fitur yang membuat penggunanya nyaris tidak merasakan perbedaan antara dunia nyata dengan dunia digital.

Platform Metaverse dikenal dengan menghadirkan wujud digital diri kita sendiri atau yang dikenal dengan avatar. Dalam dunia metaverse, kita dapat berinteraksi dengan pengguna lain dan menikmati berbagai fitur entertain di dalamnya.

Namun, untuk bisa masuk ke dunia Metaverse itu, diperlukan sebuah perangkat VR khusus seperti Oculus Quest dan semacamnya. Hal ini terkadang menciptakan anggapan bahwa Metaverse masih sulit diakses.

Baca Juga: Sambut 2023, Kota Bandung Siap Naik Kelas Menuju World Class City Lewat 5 Program ‘Kojo’, Termasuk Metaverse

Untuk itu, sebuah perusahaan AR (Augmented Reality) asal Bandung, Assemblr merilis platform Metaverse berbasis web sehingga bisa diakses mudah oleh penggunanya.

Tidak perlu perangkat VR khusus, cukup menggunakan web browser dan mengakses assemblr.world melalui laptop atau dekstop PC saja, pengguna dapat berkumpul di dunia virtual.

Assemblr Metaverse sendiri akan berfungsi sebagai sebuah platform di mana orang-orang dapat berkumpul di dunia virtual dan berkeliling di dalamnya untuk melakukan berbagai aktivitas—mulai dari berbisnis, belajar, meeting dengan klien atau rekan kerja, bekerja, bahkan berbagai aktivitas hiburan seperti menonton film.

Founder dan CEO Assemblr, Hasbi Asyadiq
Founder dan CEO Assemblr, Hasbi Asyadiq RIZKY PERDANA/PRFM

Baca Juga: Kemendagri Luncurkan Metaverse untuk Pertemukan Pejabat Pemerintah di Dunia Virtual

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x