Selebgram Nigeria Ditangkap Terkait Kasus Penipuan Online

- 1 Juli 2020, 18:22 WIB
Selebgram asal Nigeria, Raymond Abbas.**
Selebgram asal Nigeria, Raymond Abbas.** /instagram.com/hushpuppi


PRFMNEWS – Selebgram asal Nigeria, Raymond Abbas ditangkap kepolisian Dubai terkait kasus penipuan online, belum lama ini.

Selebgram dengan nama akun Instagram Hushpuppi itu dibekuk kepolisian Dubai pada Kamis malam lalu untuk diinterogasi terkait aksi tindak pidana pencucian uang serta penipuan secara online.

Abbas disinyalir menggunakan akun Instagram dengan 2,4 juta followers untuk memproyeksikan gaya hidup mewah miliarder untuk memikat calon korban.

Baca Juga: Stabilkan Perekonomian, Oded Harap Penyaluran JPS Bisa Dipercepat

Menurut keterangan petugas yang ikut saat meringkus Abbas, mereka menemukan alamat email dari hampir dua juta korban di puluhan ponsel, komputer dan hard drive.

Petugas juga menyita lebih dari 150 juta dirham (sekira Rp591 miliar) ketika mereka menggerebek apartemen yang dihuni Abbas. Belasan mobil mewah turut disita dalam penggerebekan bersama dengan koper penuh uang tunai.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by HUSHPUPPI (@hushpuppi) on

Ada 11 tersangka lain yang juga ditangkap dalam penggerebekan yang melibatkan FBI, Interpol dan kepolisian Dubai tersebut.

"Para tersangka juga menargetkan korban di luar negeri dengan membuat situs web palsu untuk perusahaan dan bank terkenal dalam upaya mencuri informasi kartu kredit korban dan kemudian mencuci uang yang dicuri," kata Direktur departemen investigasi kriminal Kepolisian Dubai, Jamal Salem Al Jallaf seperti dikutip Antara, Rabu (1/7/2020).

Baca Juga: Mudahkan Penyandang Tunanetra, Aplikasi Pikobar Ditambah Fitur Khusus

Laporan mengenai dugaan penipuan yang dilakukan Abbas datang setelah selebgram itu membeli Rolls Royce putih untuk menambah armada mobil mewahnya.

Abbas diketahui juga pernah mengunggah sebuah video tentang dirinya yang melemparkan uang kertas pecahan 100 dolar sebagai confetti di sebuah pernikahan.

Media Dubai mengabarkan, Abbas bakal diekstradisi ke Nigeria untuk menghadapi dakwaan hukum atas aksinya melakukan tindak penipuan.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x