Gitar Kurt Cobain Terjual dengan Harga Rp85 Miliar dalam Acara Lelang

- 22 Juni 2020, 14:55 WIB
 Kurt Cobain dalam
Kurt Cobain dalam /

PRFMNEWS - Gitar yang digunakan Kurt Cobain dalam acara "MTV Unplugged" pada 1993, terjual dengan harga 6 juta dolar AS, atau sekitar Rp85 miliar pada acara lelang di Los Angeles, Amerika Serikat, Sabtu (20/6/2020)

Gitar jenis Martin D-18E 1959 milik Kurt Cobain tersebut menghasilkan 6,01 juta dolar AS dan memecahkan rekor untuk gitar termahal yang pernah dijual.

Rekor sebelumnya oleh Stratocaster hitam milik David Gilmour dari Pink Floyd, yang dijual seharga 3,95 juta dolar AS (lebih dari Rp56 miliar) tahun lalu.

Baca Juga: Robert Alberts Komentari Warga yang Tak Pedulikan Protokol Kesehatan

Cobain menggunakan gitar ini pada "MTV Unplugged" dengan membawakan lagu klasik seperti "Come As You Are," "About A Girl" dan "Dumb," serta beberapa lagu cover milik David Bowie, Leadbelly and Meat Puppets.

Pertunjukan ini dirilis setelah kematian Cobain sebagai album live, yang akhirnya mendapatkan Grammy pada tahun 1996 untuk penghargaan sebagai musik alternatif terbaik.

Pada hari menjelang pelelangan, gitar ini sudah menerima empat penawaran sebesar 1 juta dolar menurut situs web Lelang Julien. Penawar yang menang adalah Peter Freedman, pendiri Rode Microphones, dengan angka penawaran 6,01 juta dolar.

Baca Juga: Warga Keluhkan Web PPDB Kota Bandung Sulit Diakses, Disdik Sebut Sedang Sinkronisasi Data.

Selain itu, gitar milik Kurt Cobain tersebut sudah termasuk case asli yang dihiasi dengan selebaran album "Feel the Darkness" milik Poison Idea tahun 1990, satu paket yang berisi setengah senar gitar Martin, tiga picks dan tas beledu berisi sendok, garpu dan pisau.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x