Agar Siswa Nyaman Belajar di Rumah, Guru Harus Kreatif dan Inovatif

- 15 Juni 2020, 17:54 WIB
Ilustrasi kejenuhan saat belajar di rumah
Ilustrasi kejenuhan saat belajar di rumah //Dok UNSPLASH.

BANDUNG, (PRFM) – Peran seorang guru di tengah pandemi virus corona (Covid-19) seperti saat ini, menjadi sangat penting agar membuat siswa tetap semangat belajar di rumah.

Dengan kemampuan seorang guru untuk membuat situasi nyaman saat belajar secara online, para siswa dipastikan akan tetap betah di rumah dan terus bergairah untuk menyerap ilmu.

Seperti kajian terbaru Persatuan Guru Nahdlatul Ulama Kota Bandung belum lama ini, menunjukan bahwa mayoritas siswa di SMA Negeri 1 Bandung menyatakan bosan dan ingin kembali merasakan proses belajar secara tatap muka di ruang kelas.

Baca Juga: Lagi, Thailand Nol Kasus Kematian Akibat Covid-19

Beberapa faktor yang menyebabkan siswa cepat merasa bosan, yakni situasi di dalam rumah yang tidak kondusif untuk berkonsentrasi serta metode yang mudah membuat jenuh saat seorang saat belajar secara online.

“Guru tidak boleh memberikan beban berat bagi siswa. Karena guru juga harus mengerti situasi di rumah siswa tersebut,” kata Sekretaris Pimpinan Cabang Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PC Pergunu) Kota Bandung, Rifa Anggyana saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Senin (15/6/2020).

Seorang guru di masa pandemi Covid-19 sangat perlu membangun suasa menyenangkan saat proses belajar secara online bersama para siswa. Untuk itu, Pembelajaran secara online harus dilakukan secara menyenangkan, kreatif dan inovatif.

“Dengan cara ini insyallah siswa tetap merasa nyaman saat belajar dari rumah,” imbuh Rifa.

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x