Kiat Menghadapi Pasangan yang Sulit Diajak Bicara Saat Ada Masalah

- 4 Juni 2020, 17:16 WIB
ILUSTRASI pasangan.*
ILUSTRASI pasangan.* /PEXELS

BANDUNG,(PRFM) – Tak jarang dari kita memiliki pasangan yang punya kecenderungan sulit diajak bicara saat ada masalah.

Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk menghadapi pasangan seperti ini?

Menurut psikolog dari Tiga Generasi, Alfath Hanifah Megawati, hal pertama yang bisa kita lakukan adalah mengenali apa jangan-jangan pasangan kita bukan tipe yang suka mengkomunikasikan masalahnya.

"Kenali jangan-jangan pasangan tak terbiasa berbicara apa yang dia butuhkan atau mengkomunikasikan apa yang dia rasakan," ujar dia dalam diskusi via daring bertema "Berkonflik dengan Pasangan Boleh Enggak Sih?", dikutip dari ANTARA, Kamis (4/6/2020).

Baca Juga: Update 4 Juni: Kasus Positif COVID-19 di Indonesia Capai 28.818 Orang

Kemudian, cobalah ajarkan pasangan bagaimana cara mengkomunikasikan konflik dengan baik sehingga menghasilkan solusi yang positif.

Untuk sampai pada tahap ini, kita terlebih dulu harus memiliki kemampuan menyelesaikan konflik.

Di sisi lain, lakukan juga evaluasi diri. Perhatikan apakah kita berekspresi menakutkan saat berbicara dengan pasangan kala ada masalah atau cara berbicara yang tidak cukup santai.

Karena bisa jadi, saat pasangan berkomunikasi dengan kita justru tertekan.

"Jangan-jangan setiap berkonflik kita memasang ekspresi menakutkan sehingga tidak membuka ruang diskusi yang nyaman dengan pasangan. Tilik dari kita bukan hanya dari sisi pasangan. Jangan-jangan saya yang enggak cukup santai," tutur Alfath.

Baca Juga: Laporan Dicabut, Youtuber Ferdian Paleka Bebas

Tak ada salahnya menawarkan pilihan bantuan, semisal bertanya pada pasangan bagaimana seharusnya kita merespon masalah atau gaya berkomunikasi seperti apa yang membuat pasangan nyaman sehingga membuka ruang diskusi.

Terkadang, mengubah kebiasaan itu sulit termasuk bagi seseorang yang awalnya terbiasa tidak mengungkapkan pikirannya pada orang lain.

Makanya, kita harus sabar menghadapi pasangan yang seperti ini dan perlahan membuatnya mau terbuka.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x