Ini Cara Menjaga Baterai Ponsel Agar Tetap Hemat Saat Silaturahmi Virtual

- 25 Mei 2020, 15:45 WIB
ILUSTRASI penggunaan teknologi video conference untuk silaturahmi pengganti mudik lebaran
ILUSTRASI penggunaan teknologi video conference untuk silaturahmi pengganti mudik lebaran /.*/Tangkap Layar

BANDUNG,(PRFM) - Lebaran tahun ini terasa berbeda karena silaturahmi harus dilakukan secara virtual guna memutus rantai penyebaran virus Corona.

Berbagai cara bersilaturahmi virtual dapat dilakukan, mulai dari bertukar pesan SMS, melalui aplikasi pesan instan dan media sosial, atau tatap muka lewat aplikasi panggilan video.

Namun, terkadang saat bersilaturahmi virtual bisa saja terkendala sinyal, atau bahkan daya baterai ponsel yang tanpa disadari cepat terkuras.

Masalah sinyal mungkin kamu dapat meningkatkan paket internet untuk meningkatkan kecepatan berinternet.

Baca Juga: Dishub Sebut Arus Mudik di Jabar Alami Penurunan Signifikan Dibanding Tahun Lalu

Sementara soal baterai ponsel, berikut cara untuk menghemat daya baterai ponselmu, dikutip dari laman pinngle.me.

1. Hapus aplikasi yang tidak digunakan

Geser layar ponselmu, dan lihat aplikasi apa saja yang telah kamu unduh. Jika kamu menemukan aplikasi yang tidak digunakan lagi, pertimbangkan untuk mencopotnya (uninstall).

Memiliki terlalu banyak aplikasi tidak hanya akan menguras baterai ponselmu, tetapi juga akan memperlambat kinerja ponselmu, dan mengambil banyak ruang penyimpanan pada ponsel.

2. Turunkan tingkat kecerahan layar

Jika kamu mengatur tingkat kecerahan layar pada level yang tinggi, maka hal itu adalah alasan utama mengapa baterai cepat habis. Layar yang lebih terang membutuhkan banyak konsumsi baterai.

Oleh karena itu, gunakan kecerahan tinggi hanya ketika berada di luar ruangan. Jika tidak, selalu turunkan tingkat kecerahan setiap kali kamu berada di dalam ruangan.

Baca Juga: Walikota Sebut Sukabumi Sudah Melewati Puncak Penyebaran COVID-19

3. Matikan layar jika perlu

Seperti disebutkan sebelumnya, layar ponsel memakan konsumsi baterai yang besar. Jadi, setiap kali kamu menerima panggilan, matikan ponselmu (bukan panggilan) untuk menghemat baterai.

Meskipun sebagian besar ponsel mati secara otomatis ketika kamu meletakkannnya di telinga, beberapa tidak demikian. Selain itu, jika kamu menggunakan loudspeaker, matikan saja ponselmu dan lanjut berbicara.

Hal yang sama berlaku ketika kamu menggunakan headset saat melakukan panggilan suara, selalu kunci ponselmu untuk menghemat daya baterai ponsel.

4. Gunakan aplikasi pengoptimal baterai

Jika kamu tidak punya waktu untuk melakukan semua hal di atas secara manual, aplikasi penghemat baterai akan membantumu.

Beberapa fungsi utamanya termasuk mematikan aplikasi yang menguras baterai. Aplikasi tersebut juga menurunkan kecerahan layar setiap kali dibutuhkan.

Aplikasi pengoptimal baterai juga mematikan fungsi seperti Bluetooth, wifi dan data seluler saat tidak digunakan. Selain itu, aplikasi tersebut juga memberitahumu aplikasi mana saja yang menghabiskan banyak daya baterai.

Baca Juga: Tak Terdampak Covid-19, Ridwan Kamil Minta ASN Tingkatkan Kinerja

5. Gunakan aplikasi VoIP yang ramah baterai

Jika kamu telah melakukan semua langkah yang disebutkan di atas tetapi baterai masih cepat terkuras, unduh aplikasi Voice over Internet Protocol (VoIP) yang ramah baterai.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x