Pilih yang Mengkilap, Ini Tips Mencari Kurma Berkualitas Bagus

- 2 Mei 2020, 21:00 WIB
Ilustrasi kurma.*
Ilustrasi kurma.* //PEXELS

BANDUNG, (PRFM) - Mengkonsumsi buah kurma terbukti mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan. Namun agar mendapatkan khasiat kurma, harus diawali dengan pemilihan yang baik.

Guru Besar Keamanan Pangan dan Gizi, Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB University Prof Ahmad Sulaeman, seperti dikutip ANTARA, menyatakan ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membeli buah kurma.

"Hampir semua jenis buah kurma memiliki khasiat, apa saja jenisnya, khasiatnya hampir-hampir mirip, yang terpenting itu kesegarannya," kata Ahmad.

Saat membeli kurma, pastikan kurma yang dibeli dalam kondisi segar dan masih baru. Jangan membeli kurma yang sudah lama tersimpan.

Baca Juga: Pemkot Bandung Ajak Warga Sukabungah Gotong Royong Atasi Longsor

Menurut Ahmad, beberapa pedagang kerap menyetok kurma dan disimpan dalam waktu lama, guna memanfaatkan harga beli yang rendah kemudian menjual pada momen tertentu saat harganya tinggi.

Dengan demikian, kualitas kurma akan rusak apabila penyimpanan tidak memperhatikan faktor kebersihan lingkungan.

"Pengemasan dan penyimpanan penting," kata Ahmad.

Ahmad menjelaskan, membeli kurma yang bagus dapat dilihat dari tanda-tanda yang ada pada buah asal Timur Tengah tersebut. Sederhananya, kurma yang baik yakni kurma yang terlihat mengkilap, tidak terlalu kering, terlihat semi basah.

Ia menjelaskan, kurma yang bagus atau baru ada cairannya, menyerupai dodol, kelihatan basahnya, kalau dibuka strukturnya elastis, lembut digigit juga enak.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x