Aa Gym Bagikan 5 Kiat Menghadapi Persoalan, Termasuk Corona

- 7 April 2020, 19:14 WIB
AA Gym.*
AA Gym.* /Instagram @aagym

BANDUNG,(PRFM) - Penyebaran pandemi virus corona atau Covid-19, membuat kita diselimuti keresahan, ketakutan, dan kekhawatiran.

Sebagai orang yang beriman, tentunya umat muslim wajib mengambil ibrah atau pelajaran dari setiap peristiwa yang terjadi. Umat muslim pun harus menyikapi persoalan pandemi corona ini dengan keimanan kepada Allah SWT.

Pimpinan Pesantren Daarut Tauhid, KH. Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym berbagi kiat untuk menghadapi persoalan, salahsatunya persoalan yang ditimbulkan akibat corona.

Baca Juga: Uu Tinjau Pelaksanaan Tes Masif Covid-19 Bagi Pemuka Agama

Berikut 5 kiat menghadapi persoalan ala Aa Gym:

1. Harus siap dengan segala hal yang cocok dan yang tidak cocok

Karena hidup tidak selamanya sesuai dengan keinginan, kita harus siap dengan segala hal yang cocok dan tidak cocok bagi kita.

Menurut Aa Gym, Allah SWT menakdirkan apapun yang dikehendakinya. Tugas kita selaku makhluknya hanya bisa meluruskan niat, menyempurnakan ikhtiar, dan memasrahkan semuanya kepada Ilahi Rabbi. 

"Hidup harus sangat siap karena Allah yang menguasai, orang tidak inget Allah tidak akan tenang hidupnya," kata Aa Gym saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Selasa (7/4/2020).

2. Ridho dengan takdir Allah SWT

Aa Gym mengatakan, umat muslim harus ridho dengan takdir atau ketetapan dari Allah SWT.

Umat muslim harus mensyukuri segala yang diberikan Allah. Manfaatkan situasi pandemi ini dengan melakukan hal positif terutama meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT.

"Selalu banyak hal yang bisa disyukuri dibalik kepahitan yang kita rasakan," ujar Aa Gym.

Baca Juga: Operasi Keselamatan Lodaya, Polres Cimahi Bakal Bubarkan Kerumunan

3. Jangan persulit diri

Menurut Aa Gym, kita jangan mempersulit diri. Artinya, jangan mendramatisir suatu masalah. Karena, jika kita punya masalah dan disikapi dengan salah, maka kita sendiri yang akan menderita.

"Saat kita sedang dalam masalah berat, jangan diperberat oleh cara berpikir dan sikap yang salah. Banyak dari kita menderita, kena penyakit engga, uang masih ada, tapi menderita, itu karena pikiran sendiri," katanya.

4. Evaluasi diri

Evaluasi diri penting dilakukan. Kita harus bertanya-tanya; 'Apa tujuan Allah dengan adanya kejadian (corona) ini?', 'Apa dosa-dosa yang menjadi penyebab adanya kejadian seperti ini?'.

"Lebih baik bawa ke taubat, orang yang sibuk memperbaiki diri akan berbeda hidupnya dengan yang menyalahkan keadaan," kata Aa Gym.

Baca Juga: Dilarang Bawa Penumpang, Ojol Minta Aplikator Turunkan Potongan

5. Cukuplah Allah SWT sebagai penolong

Aa Gym mengatakan, dalam Surah Yunus ayat 107 dikatakan bahwa Allah-lah yang menjadi sebaiknya penolong.

Firman Allah dalam Surah Yunus ayat 107 yang artinya: "Jika Allah menimpakan sesuatu kemudharatan kepadamu, maka tidak ada yang dapat menghilangkannya kecuali Dia. Dan jika Allah menghendaki kebaikan bagi kamu, maka tak ada yang dapat menolak kurnia-Nya. Dia memberikan kebaikan itu kepada siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.".***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x