Cerita Relawan Uji Klinis Vaksin Covid-19, Setelah Disuntik Terasa Seperti Kena Pukul

- 9 Oktober 2020, 20:21 WIB
Ilustrasi Vaksin Covid-19
Ilustrasi Vaksin Covid-19 /.*Dok PRFM



PRFMNEWS – Salah satu warga Kota Bandung menceritakan pengalaman dirinya ikut serta dalam program uji klinis vaksin Covid-19.

Relawan uji klinis vaksin Covid-19 bernama Dain (bukan nama sebenarnya) itu bercerita satu kejadian yang mungkin akan terus dikenang.

Pada sesi penyuntikan pertama dalam uji klinis tersebut, Dain mengaku kaget dengan sensasi rasa nyeri hebat di bagian tubuhnya yang jadi titik penyuntikan.

Baca Juga: Ahli Biologi Molekuler Ini Ungkap Cara Kerja Obat Favipiravir dan Remdesivir untuk Pasien Corona

Menurut dia, rasa sakit setelah disuntik vaksin pada sesi pertama terasa seperti habis kena pukul benda tumpul. Artinya, ada campuran rasa nyeri hebat dan rasa linu usai mendapat suntikan pertama dalam uji klinis vaksin Covid-19 itu di bagian lengan.

“Saat dapat suntikan pertama, rasa sakit ringan saat jarum suntik masuk menerobos kulit itu saya rasakan. Tapi tidak lama kemudian, saya merasakan rasa nyeri hebat, seperti habis dipukul di bagian lengan,” kata Dain saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Jumat 8 Oktober 2020.

Kendati demikian, rasa nyeri hebat karena disuntik vaksin Covid-19 tersebut tidak lagi Dain rasakan pada sesi penyuntikan kedua.

Baca Juga: Angka Reproduksi Covid-19 yang Menurun Jadi Alasan Pemkot Bandung Buka Kembali Bioskop

“Setelah sunitkan ke dua, tidak terasa lagi rasa sakit seperti suntikan pertama,” imbuhnya.

Sejak awal mengikuti tahapan pertama hingga saat ini (Jumat 8 Oktober 2020), Dain menyatakan tidak merasakan gejala terserang penyakit pada tubuhnya.

Pada saat ini pun, Dain mengaku bisa menjalankan aktifinya harian seperti biasa tanpa ada gangguan karena penyuntikan uji klinis vaksin Covid-19.

Baca Juga: Jokowi: Kalau Tidak Puas dengan UU Cipta Kerja, Ajukan Judicial Review ke MK

“Saya sudah dua kali disuntik vaksin dan sudah dua kali pengambilan sampel darah. Saya tidak merasa ada gejala apa-apa,” ungkapnya.

Hasil pertimbangan Redaksi PRFM, identitas relawan, tempat dan waktu penyuntikan uji klinis Covid-19 tidak ditampilkan dalam naskah berita ini.***

Editor: Rifki


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x