[HOAKS] Infomasi Penyemprotan Racun untuk Virus Melalui Udara

- 22 Maret 2020, 22:40 WIB
Hoaks.*
Hoaks.* /CER.EU/

BANDUNG,(PRFM) - Sebuah pesan berantai tentang penyemprotan disinfektan melalui udara oleh pesawat udara Malaysia dan Singapura untuk melawan virus corona atau COVID-19, beredar di sejumlah WhatsApp Grup (WAG), Minggu (22/3/2020).

Dalam pesan tersebut disampaikan bahwa pelaksanaan penyemprotan disinfektan melalui pesawat ini akan dilakukan pada pukul 23.00 WIB.

Pesan tersebut juga ditambahkan dengan informasi tentang obat-obatan yang layak dikonsumsi dan tidak dikonsumsi untuk mencegah penyebaran virus corona.

[HOAKS] Infomasi Penyemprotan Racun untuk Virus Melalui Udara.*
[HOAKS] Infomasi Penyemprotan Racun untuk Virus Melalui Udara.* WA GRUP

Lantas, benarkah informasi tersebut?

Koordinator Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) Bandung Raya, Hadi Purnama mengatakan bahwa informasi tersebut tidak benar alias hoaks. Hal itu ia pastikan berdasarkan referensi dari Radio Televisi Malaysia (RTM).

Baca Juga: Marak Hoaks Corona, MAFINDO Minta Masyarakat Cek Fakta Jika Terima Informasi

“RTM (Radio Televisi Malaysia) sudah konfirmasi bahwa ini adalah hoaks,” kata Hadi saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Minggu (22/3/2020).

Dilansir dari portal RTM berita.rtm.gov.my, Panglima Angkatan Tentera Malaysia, Jenderal Tan Sri Affendi Buang menegaskan berita yang beredar di media sosial itu adalah palsu.

Dalam pernyataannya, dia menyampaikan walaupun tidak dinyatakan jenis helikopter milik angkatan mana, entah angkatan udara, laut, ataupun darat, namun informasi tersebut menyebabkan kepanikan.

Baca Juga: Kapolri Keluarkan Maklumat: Warga Dilarang Berkumpul, Menimbun Sembako dan Menyebarkan Hoaks

Dia pun meminta agar masyarakat tidak mudah terpengaruh dengan berita yang tidak tentu kebenarannya.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x