Belum Beres Add Yours Instagram, Muncul lagi Tren Ramai-ramai Pamer Foto KTP di TikTok, Ini Bahayanya!

- 24 November 2021, 12:21 WIB
Ilustrasi KTP
Ilustrasi KTP /Instagram @kemenkominfo


PRFMNEWS – Baru saja menjadi sorotan publik kemarin 23 November 2021, adanya penipuan yang terjadi diduga akibat pelaku mendapatkan data-data dari challenge Add Yours Instagram.

Tidak sampai disitu, kini muncul lagi trend tunjukan foto KTP ramai di tiktok. Trend pamer foto KTP di tiktok awalnya muncul awal tahun lalu saat ada orang yang unggah pas fotonya di KTP yang dinilai berhasil.

Ternyata melihat hal tersebut banyak warganet yang ikut terpancing untuk mengikutinya.

Baca Juga: Hati-hati Ikut Tren Add Yours Instagram, Netizen Ini Ceritakan Pengalaman jadi Korban Penipuan

Namun semakin lama trend tersebut tidak hanya mengunggah bagian pas fotonya saja, namun ada bagian KTP lain yang diunggah.

Seperti transisi dari data nama dan tanggal lahir kemudian bergeser menunjukan pas fotonya di KTP.

Meskipun NIK yang bersangkutan ditutup, namun data lengkap dari nama, tanggal lahir dan pas foto KTP saja bisa disalah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga: Pakar Keamanan Siber Beri Tips Soal Bahaya Fitur Add Yours Instagram

Mengingat KTP adalah identitas resmi yang sah digunakan untuk berbagai verifikasi data, maka mengunggah bagian KTP harus dihindari.

"Data kita ini lebih berharga daripada komoditi lain, kalau di tangan orang yang benar dan bisa eksploitasi bisa memberi manfaat besar dan bisa menjadi kerugian besar jika di tangan orang jahat," ungkap Pakar Keamanan Siber Vaksincom, Alfons Tanujaya Saat membahas mengenai kasus Instagram di On Air Radio 107,5 PRFM NEWS Channel, Selasa 23 November 2021.***

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x