CEK FAKTA: Wanita Lebih Besar Kemungkinan Terkena Osteoporosis?

- 20 Oktober 2020, 22:09 WIB
Osteoporosis bisa dicegah dengan beberapa langkah hidup sehat
Osteoporosis bisa dicegah dengan beberapa langkah hidup sehat /PIXABAY



PRFMNEWS
- Anda mungkin tidak menyadari jika Anda menderita osteoporosis. Karena osteoporosis sendiri di dalam dunia medis dijuluki sebagi silent thief atau suatu penyakit yang mencuri masa tulang secara diam-diam.

Kepala Regional Bandung Klinik Jejaring Padjajaran, dr. Dhany Kartika Sari menyatakan, nyaris semua pasien osteoporosis tidak menyadari bahwa dirinya sedang terkena osteoporosis.

Osteoporosis sendiri, jelas dr. Dhany, merupakan proses pengeroposan tulang manusia. Menurutnya, pengereposan tulang pada manusia hampir mirip prosesnya seperti pengeroposan yang terjadi pada sebuah bangunan gedung atau rumah.

Baca Juga: Satu Tahun Jokowi-Ma'ruf, Guru Besar Unpad Soroti Krisis Ekonomi Akibat Pandemi

"Osteoporosis merupakan penyakit pada metabolisme tubuh yang ditandai dengan penurunan kepadatan tulang," terangnya saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Selasa 20 Oktober 2020.

Lebih lanjut, dr. Dhany menyebutkan bahwa osteoporosis bersifat progresif. Artinya, penyakit osteoporosis akan semakin menjadi jika sudah memulai proses awal pengeroposan tulang.

"Paling berbahaya dari osteoporosis adalah dia tidak terasa dan tidak menimbulkan gejala. Kalau tulang-tulang pasien sudah terasa nyeri, artinya osteoporosis sudah di tahap parah," imbuhnya.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mendapatkan BLT Dana Desa Rp600 Ribu? Berikut Penjelasannya

Untuk itu, dr. Dhany mengimbau seluruh masyarakat untuk rutin melakukan deteksi dini di rumah sakit maupun klinik terdekat agar osteoporosis bisa dicegah sejak awal perkembangannya di dalam tubuh.

Selain itu, sejumlah mitos pun muncul terkait osteoporosis. Untuk membahas hal tersebut, berikut kami himpun penjelasan dr. Dhany terkait osteoporosis:

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x