CEK FAKTA: Roti Aoka Harga Rp2 Ribu Berbahaya Karena Mengandung Bahan Pengawet Kosmetik?

Penulis: Agung Tri Nurcahyo
Editor: Indra Kurniawan
Ilustrasi roti
Ilustrasi roti /Freepik/jcomp

PRFMNEWS – Kabar roti Aoka dituding berbahaya karena mengandung bahan pengawet kosmetik baru-baru ini viral di media sosial. Produk roti Aoka dikenal memiliki banyak varian rasa dengan harga jual relatif murah yakni mulai Rp2.000-an.

Lantas, apa benar roti Aoka tidak aman untuk dikonsumsi karena mengandung bahan pengawet kosmetik yang berbahaya bagi kesehatan orang yang memakannya dan masa kedaluwarsa-nya hanya 6 (enam) bulan?

Produsen roti Aoka, PT Indonesia Bakery Family (PT IBF), menegaskan produk roti yang mereka produksi tidak mengandung bahan pengawet kosmetik yaitu Sodium dehydroacetate.

Baca Juga: CEK FAKTA: Benarkah Akan Terjadi Tsunami di Gorontalo pada Juli Tahun Ini?

"Seluruh produk roti Aoka tidak mengandung Sodium dehydroacetate dan masa kadaluarsa bukan 6 bulan," kata Head Legal PT IBF Kemas Ahmad Yani di Jakarta, Jumat 19 Juli 2024, dikutip prfmnews.id dari ANTARA.

Kemas mengungkapkan produk roti Aoka sudah melewati pengujian oleh Badan Obat dan Makanan (BPOM) RI dan telah mendapatkan izin edar untuk seluruh variannya sebagaimana tercantum dalam kemasan produk.

Tuduhan penggunaan bahan pengawet Sodium dehydroacetate pada produk roti Aoka yang belakangan viral di media sosial, ujar Kemas, adalah berdasarkan hasil uji laboratorium PT SGS Indonesia.

Baca Juga: Sejak Pagi, Sejumlah Jalan di Bandung Ditutup untuk Lokasi 3 Acara Minggu Besok, Awas Kena Macet!

Namun, dalam surat nomor 001/SGS-LGL/VII/2024 tertanggal 15 Juli 2024 dari PT SGS Indonesia kepada PT IBF, PT SGS Indonesia memberikan klarifikasi tertulis kepada PT IBF bahwa PT SGS secara tegas membantah dan menyatakan informasi tersebut bukan berasal dari pihak PT SGS indonesia.

Halaman:

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub