Beredar Video dengan Narasi Tentara China Masuk Indonesia Lewat Bandara, Hoax? Ini Faktanya

- 4 Februari 2023, 15:06 WIB
Potongan video yang menyebut tentara asal negara China masuk ke Indonesia ternyata Hoaks
Potongan video yang menyebut tentara asal negara China masuk ke Indonesia ternyata Hoaks /


PRFMNEWS - Beredar video di media sosial yang menarasikan tentara China sudah masuk ke Indonesia dan disebutkan juga Indonesia akan kembali dijajah.

Video itu menampilkan sekelompok pasukan tempur berseragam yang tiba di bandara dengan saah satu pesawat berlambang maskapai Lion Air di belakangnya.

“Sudah terang2an pakai seragam militer? Gila ini beneran…. Tentara Cina sudah masuk Indonesia, tengah malam, untuk Apa.?!? Siap2 saja Anak Cucu dijajah Aseng, atau siap jadi Mata2 Cina / Pengkhianat bagi negeri ini!,” tulis akun Twitter @/mencaricinta99, sang pengunggah.

Baca Juga: CEK FAKTA: Kasus Pemerkosaan Siswi di SMP Cikancung Bandung Hoaks? Begini Klarifikasi Polisi

Benarkah informasi tersebut?

Divisi Humas Polri telah memberikan klarifikasinya dan menyatakan bahwa informasi tentara China masuk Indonesia adalah HOAX.

Faktanya menurut Polri, video tersebut bukan memperlihatkan tentara China, melainkan pasukan Brimob Polri yang baru selesai melaksanakan tugas dalam Operasi Satgas Damai Cartenz di Papua.

Baca Juga: Atasi Kebocoran Gas Elpiji 3 kg dengan Direndam Air Ternyata Salah

"Beredar sebuah unggahan video di postingan akun TikTok @/99bima_satria dengan tambahan narasi "ada apa Polisi kita dgn tentara china" dengan cuplikan puluhan Tentara yang tengah berada di suatu bandara," tulis akun instagram @/divisihumaspolri, pada Sabtu 4 Februari 2023.

"Divisi Humas Polri memastikan video tersebut adalah Hoaks. Faktanya konten tersebut merupakan video pasukan Brimob Polri yang baru selesai melaksanakan tugas dalam Operasi Satgas Damai Cartenz di Papua," tegas Polri.***

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x