Cek Fakta: Thermo Gun Bisa Rusak Sistem Saraf dan Otak?

- 20 Juli 2020, 16:56 WIB
Petugas BPJS Kesehatan Kabupaten Bandung melakukan cek suhu tubuh dengan menggunakan thermo gun
Petugas BPJS Kesehatan Kabupaten Bandung melakukan cek suhu tubuh dengan menggunakan thermo gun //BUDI SATRIA-PRFM


PRFMNEWS – Penggunaan Thermo Gun untuk mengecek suhu tubuh mendadak jadi perbincangan di media sosial.

Pada perbincangan tersebut, sejumlah netizen menanggap Thermo Gun berbahaya bagi manusia jika digunakan untuk mengecek suhu tubuh melalui dahi. Menurut mereka, penggunaan thermo pada dahi bisa menyebabkan kerusakan pada sisten saraf dan otak.

Netizen yang kontra dengan penggunaan Thermo Gun ini mendasari argumen mereka dari sebuah video wawancara antara Presenter Helmy Yahya dengan Ekonom Ichsanuddin Noorsy.

Baca Juga: Kasus Anak Lima Tahun Tewas Dalam Toren Disebabkan Ketidaksiapan Orang Dewasa jadi Orangtua

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto menyatakan anggapan bahwa thermo gun bisa merusak sistem saraf dan otak merupakan dasar pemikiran yang keliru.

Dikatakan Yuri, penggunaan Thermo Gun tidak akan berpengaruh pada sistem saraf dan otak karena alat pengecek suhu tersebut hanya menggunakan inframerah, bukan sinar X-ray atau laser.

 



“Thermo Gun hanya mengukur dengan pancaran radiasi sinar inframerah yang setiap saat dipantulkan benda disekitarnya,” tegasnya saat konferensi pers di Grha BNPB Jakarta, Senin (20/7/2020).

Baca Juga: Duuuuh ! Pagar Besi Pembatas Jalan di Jalan Merdeka Kota Bandung Dirusak Oknum Tak Bertanggung Jawab

Untuk itu, Yuri mengimbau masyarakat untuk tidak mudah percaya dengan kabar-kabar yang berseliweran tanpa sumber yang jelas.

“Ada yang bilang merusak otak, ini salah. Ini bahaya bagi setiap orang. Ikuti informasi dengan cara benar. Jangan mudah terpengaruh informasi yang belum jelas,” tukasnya.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x