CEK FAKTA: 3 Orang Meninggal Karena STB Meledak di Cikande, Benarkah?

- 5 Desember 2022, 18:20 WIB
Potret STB yang meledak di Kecamatan Kramatwatu Kabupaten Serang Banten, Senin 21 November 2022. Dok Kecamatan Kramatwatu Kabupaten Serang
Potret STB yang meledak di Kecamatan Kramatwatu Kabupaten Serang Banten, Senin 21 November 2022. Dok Kecamatan Kramatwatu Kabupaten Serang /Dindin Hasanudin/Kabar Banten

PRFMNEWS - Beredar di media sosial video yang dinarasikan kejadian STB meledak hingga mengakibatkan 3 orang tewas di Perumahan Cikande.

Unggahan STB meledak di Cikande itu salah satunya diunggah di media sosial facebook, dengan narasi sebagai berikut.

"Perhatian sdulur semuanya bagi yg punya alat settopbox kalau tidak di tonton tolong di cabut terminal kontaknya ya guna untuk menghindari ledakan akibat settopbox Udh ada korban lagi keluarga di perumahan Cikande korban meninggal 3 anaknya 2 serta ART nya 1," tulis deskripsi unggahan yang menyertakan video.

Baca Juga: Jangan Salah Beli, Ini Risiko Jika STB Tidak Tersertifikasi Kominfo

Benarkah ada STB meledak yang menyebabkan 3 orang meninggal di Cikande?

Hasil penelusuran Tim Jabar Saber Hoaks menyatakan bahwa kabar tersebut tidak benar alias HOAKS.

Faktanya, video rumah yang terbakar adalah situasi rumah usaha laundry di Perumahan Taman Cikande Kabupaten Tangerang yang terbakar. Adapun alasan terbakarnya bukan karena STB meledak.

Baca Juga: Sudah Pasang STB Tapi Tidak Ada Sinyal TV Digital? Begini Cara Atasinya

Sedangkan perihal STB yang meledak, diberitakan oleh akun youtube Pikiran Rakyat, Set Top Box atau STB milik Tuajah (60) warga RT 003 RW 001, Kampung Tonjong, Desa Tonjong, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang meledak saat sedang digunakan Senin 21 November 2022 sekitar pukul 16.00.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x