HOAX ! Vaksin Covid-19 Dapat Mengubah DNA Manusia Menjadi Zombie

- 28 Agustus 2021, 09:13 WIB
Viral di media sosial Facebook, postingan dari akun bernama “Encang Bedegong” yang menarasikan bahwa vaksin Covid-19 mengandung babi dan dapat mengubah DNA manusia dan zombie.
Viral di media sosial Facebook, postingan dari akun bernama “Encang Bedegong” yang menarasikan bahwa vaksin Covid-19 mengandung babi dan dapat mengubah DNA manusia dan zombie. /TurnBackHoax

PRFMNEWS - Viral di media sosial Facebook, postingan dari akun bernama “Encang Bedegong” yang menarasikan bahwa vaksin Covid-19 mengandung babi dan dapat mengubah DNA manusia dan zombie.

Dilansir dari laman TurnBackHoax, Sabtu 28 Agustus, setelah dilakukan penelusuran fakta terkait, klaim Encang Bedegong termasuk menyesatkan.

Klaim pertama yang menyebutkan vaksin Covid-19 mengandung babi, adalah tidak benar. Hoax yang sama pernah beredar pada bulan September 2020, dengan narasi vaksin Tiongkok mengandung babi.

Baca Juga: CATAT ! Ini Jadwal Launching Jersey Terbaru Persib Bandung

Vaksin yang banyak digunakan di Indonesia yakni Sinovac dan AstraZeneca, sama sekali tidak mengandung babi.

Baca Juga: Sebelum PTM Digelar, KPAI Minta Pemerintah Lakukan Vaksinasi Bagi Anak Usia 12-17 Tahun

Bahkan Direktur Utama PT Bio Farma Honesti Basyir menjamin bahan baku vaksin Sinovac yang digunakan bebas dari kandungan gelatin babi (porcine).

Selain itu, MUI juga menyatakan vaksin Sinovac halal digunakan. Menyusul dikeluarkannya fatwa MUI No 02 Tahun 2021 tentang Produk Vaksin Covid-19 dari Sinovac Life Sciences, Co. Ltd China dan PT Biofarma.

Baca Juga: Masih Dibuka ! Begini Cara Lolos Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 19

Halaman:

Editor: Asep Yusuf Anshori

Sumber: Turnback Hoax


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x