HOAKS: Hanya Masker Berlabel VFE yang Mampu Lindungi Manusia dari Paparan Corona

- 14 Agustus 2021, 19:42 WIB
Ilustrasi masker kesehatan.
Ilustrasi masker kesehatan. /Pixabay/Jordy_Nijenhuis

PRFMNEWS - Sebuah unggahan di media sosial yang menjelaskan tentang masker berlabel VFE bikin heboh netizen.

Unggahan di Facebook itu ramai diperbincangkan karena mengklaim hanya masker berlabel VFE yang mampu melindungi manusia dari paparan virus corona (Covid-19).

Unggahan berbahasa Thailand itu menyebutkan bahwa hanya masker berlabel VFE (Virus Filtration Efficiency) atau yang bisa disebut Efisiensi Penyaringan Virus yang mampu melindungi manusia dari paparan virus corona.

Baca Juga: Sejak Maret, Masyarakat Jabar Protes Acara Pernikahan Artis yang Ditayangkan di Televisi

Berdasarkan hasil penelusuran tim Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), faktanya masker bedah yang biasa tanpa label VFE sudah mampu mencegah penularan virus corona.

Wakil Sekretaris BPOM Thailand Surachoke Tangwiwat mengungkapkan, masker berlabel VFE tidak diperlukan secara khusus untuk melindungi diri dari virus corona.

Hoaks melalui unggahan media sosial yang mengklaim hanya masker berlabel VFE yang mampu melindungi manusia dari paparan virus corona (Covid-19)/
Hoaks melalui unggahan media sosial yang mengklaim hanya masker berlabel VFE yang mampu melindungi manusia dari paparan virus corona (Covid-19)/ Kominfo.

Surachoke menjelaskan bahwa masker yang disetujui FDA (BPOM Amerika Serikat), termasuk masker medis atau masker bedah mengandung tiga lapisan penyaringan.

Baca Juga: Sambil Latihan Mandiri, Gelandang Muda Persib Sempatkan Main Layangan

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x