HOAX BBM Akan Langka di Pulau Jawa Akibat Ledakan Kilang Minyak Balongan

- 31 Maret 2021, 10:51 WIB
Kepulan asap hitam akibat kebakaran tangki minyak milik Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin,  29 Maret 2021.
Kepulan asap hitam akibat kebakaran tangki minyak milik Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin, 29 Maret 2021. /ANTARA FOTO/Dedhez Anggara


PRFMNEWS - Beredar pesan berantai yang menyatakan akan terjadi kelangkaan BBM di Pulau Jawa akibat kebakaran kilang minyak Pertamina Balongan, Indramayu.

Dalam pesan itu juga mengajak masyarakat segera mengisi bahan bakar kendaraan full tank dari sekarang. Selain itu disebut akan terjadi kemungkinan terburuk yang berimbas terhadap suplai pangan dan kenaikan harga pangan dan sembako.

"Dalam kurun waktu kurang dari 24 jam bangsa ini dilanda teror dan sabotase. Waspada" isi penggalan penutup pesan berantai tersebut.

Baca Juga: CEK FAKTA : Benarkah GERD Bisa Memicu Kematian Mendadak?

Baca Juga: CEK FAKTA: Benarkah Ada Backsound Berisi Ujaran Kebencian di Pertandingan Persib vs Bali United? Ini Faktanya

Fakta
Setelah ditelusuri ternyata pesan tersebut tidak benar alias HOAX. Hal ini sudah dikonfirmasi oleh PT Pertamina melalui akun instagram resminya @pertamina pada 29 Maret 2021.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menegaskan pasokan BBM secara nasional aman, sehingga diharapkan tidak ada panic buying.

“Kami akan mengoptimalkan produk dari kilang lain, sehingga tidak ada kendala di dalam supply BBM. Karena sebetulnya processing plant yang utama tidak terdampak. Kebakaran hanya di daerah tanki saja. Kilang akan bisa segera dioperasikan kembali ketika sudah melakukan pemadaman," ujar Nicke.

CEK FAKTA BBM akan mengalami kelangkaan akibat ledakan kilang minyak Pertamina Balongan Indramayu
CEK FAKTA BBM akan mengalami kelangkaan akibat ledakan kilang minyak Pertamina Balongan Indramayu Turn Back Hoax

Baca Juga: CEK FAKTA : Nasi yang Dipanaskan di Rice Coocker Lebih dari 6 Jam Bisa Menjadi Racun Penyebab Kanker?

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x