CEK FAKTA: SMS dari BNPB yang Sebut Kabupaten Bandung Berpotensi Banjir Esok 9 Januari

- 8 Januari 2021, 20:51 WIB
SMS blast dari BNPB terkait potensi bencana banjir di Kabupaten Bandung Sabtu 9 Januari 2021.
SMS blast dari BNPB terkait potensi bencana banjir di Kabupaten Bandung Sabtu 9 Januari 2021. /PRFM

PRFMNEWS – Warga Kabupaten Bandung dibuat heboh setelah mendapatkan SMS blast dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang berbunyi potensi banjir di Kabupaten Bandung esok hari, Sabtu 9 Januari 2021.

Dalam SMS tersebut tertulis peringatan dan meminta warga untuk siaga akan adanya potensi bencana banjir tersebut.

“Waspadai potensi banjir Kabupaten Bandung 9/1/2021. Amati situasi genangan, amankan barang penting/berharga, siap dan siaga untuk evakuasi ke tempat aman,” tulis BNPB dalam SMS yang diterima PRFM, Jumat 8 Januari 2021.

Baca Juga: Resmi! Ridwan Kamil Tegaskan 20 Daerah Ini Terapkan PSBB Proporsional Hingga 25 Januari 2021

Menanggapi hal itu, Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Bandung Ahmad Djohara meminta warga untuk tak panik. Pasalnya, peringatan tersebut merupakan bentuk imbauan pada warga untuk menyiapkan sejumlah langkah antispasi terjadinya bencana dan bukan berarti bencana tersebut akan terjadi.

Jika dilihat dari kondisi cuaca pun di Kabupaten Bandung sejauh ini belum terjadi perubahan cuaca yang ekstrem.

“Dengan adanya link berita BNPB tersebut kita tidak usah terlalu panik. Jangan juga menjadi resah, tapi kita sikapi link berita tersebut dengan langkah-langkah kewaspadaan, dan kesiapsiagaan bencana alam banjir longsor dan angin kencang. Itu yang harus kita sikapi dulu, karena cuacanya saat ini tidak ekstrem,” ucapnya saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel, Jumat 8 Januari 2021.

Baca Juga: Kota Bandung Terapkan Kembali PSBB, Pemkot Tegaskan Tak  Ada Cek Poin Tapi Pengawasannya Super Ketat

Ia menyebut, BNPB menyebarluaskan kewaspadaan itu setelah berkoordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Dengan demikian, informasi yang disebarkan tersebut sebagai salah satu langkah antisipatif dari pemerintah dan diharapkan dapat membuat warga lebih waspada.

Halaman:

Editor: Haidar Rais


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x