CEK FAKTA : Siswa Wajib Swab Test Sebelum Sekolah Tatap Muka?

- 26 Desember 2020, 12:40 WIB
Hoaks, Belajar Tatap Muka Resmi Januari 2021, Siswa Wajib Swab Test Sebelum Sekolah
Hoaks, Belajar Tatap Muka Resmi Januari 2021, Siswa Wajib Swab Test Sebelum Sekolah /

PRFMNEWS - Kabar mengenai anak yang wajib swab test sebelum sekolah tatap muka tahun 2021 tersebar di media sosial. Dalam unggahan tersebut juga memperlihatkan foto Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim.

"Belajar Tatap Muka RESMI Januari 2021, Anak Wajib Swab Test Sebelum Sekolah," demikian bunyi narasi yang tersebar di media sosial tersebut.

Melansir trunbackhoax,id Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengklarifikasi bahwa Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim tidak pernah mengeluarkan pernyataan bahwa masuk sekolah wajib swab PCR. Selain itu, judul dan penggunaan foto Mendikbud menimbulkan kesalahpahaman di masyarakat.

Baca Juga: Langsung Cair ! Ini Berkas yang Harus Dibawa ke Bank Jika Sudah Dapat Notifikasi Penerima BLT UMKM

Ada pun mengenai pembelajaran dengan sistem tatap muka, pemerintah mengumumkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama (Menag), Menteri Kesehatan (Menkes), dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Semester Genap Tahun Ajaran dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Covid-19.

Baca Juga: Tergoda Testimoni, Warga Kota Bandung Ini Jadi Korban Penipuan Jual Beli Kucing di Instagram

Baca Juga: Hadapi Libur Tahun Baru, Dishub Kabupaten Bandung Gelar Ramp Check di Pintu Tol Soroja

Pemberian izin pembelajaran tatap muka dapat dilakukan secara serentak dalam satu wilayah kabupaten/kota atau bertahap per wilayah kecamatan dan/atau desa/kelurahan.

“Pengambilan kebijakan pada sektor pendidikan harus melalui pertimbangan yang holistik dan selaras dengan pengambilan kebijakan pada sektor lain di daerah,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim secara virtual, Jumat 20 November 2020.

Halaman:

Editor: Asep Yusuf Anshori

Sumber: Turn Back Hoax


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x