KPU Kabupaten Bandung Sediakan Bilik Khusus Bagi Pemilih yang Suhu Tubuhnya Tinggi

- 22 November 2020, 12:12 WIB
Ilustrasi bilik suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS).*
Ilustrasi bilik suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS).* /Antara Foto/Irfan Anshori./

PRFMNEWS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung menyediakan bilik khusus bagi pemilih yang suhu tubuhnya di atas 37,3 derajat celcius pada 9 Desember 2020 mendatang.

Bilik tersebut secara prinsip terletak di sebelah tempat pemungutan suara (TPS) yang tidak dilalui pemilih lain. Selain itu, pemilih dalam Pilbup Bandung yang ketika dicek suhunya berada di atas ketentuan tersebut langsung dipisahkan dan diarahkan ke bilik khusus.

Nantinya, menurut Ketua KPU Kabupaten Bandung, Agus Baroya, pemilih tersebut bakal dilayani oleh petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) mulai dari pencoblosan hingga pencelupan jari ke tinta.

Baca Juga: Jadwal GP Portugal, Seri Penutup MotoGP 2020, Saksikan Malam Ini di Trans 7

“Surat suara, mencoblos, kemudian menandai dengan tinta itu petugasnya yang menghampiri. Jadi cukup dia ada di bilik khusus nanti surat suara diantarkan, kemudian memasukan ke kotak suara juga dibantu, kemudian petugas tinta juga yang akan mendatangi,” ungkapnya saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel, Minggu 22 November 2020.

Setelahnya pemilih dengan suhu tinggi tersebut diminta untuk langsung pulang.

Ia pun meminta para calon pemilih untuk mematuhi protokol yang sudah ditetapkan. Seperti memakai masker, tidak berkerumun, dan mencuci tangan sebelum dan sesudah mencoblos.

Baca Juga: Ada-Ada Saja, Pria Ini Ganti Plat Nomor Jadi Bertuliskan ‘Mantan Raisa’

“Pemilih itu menggunakan masker, ketika hadir itu tidak berkerumun, kemudian disediakan cuci tangan sebelum dan sesudah mencoblos. Nanti juga akan diberikan sarung tangan sekali pakai, tidak membawa anak-anak. Ada pengecekan suhu, setelah mencoblos tidak menonton,” kata dia.

Halaman:

Editor: Haidar Rais


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x