Peringati HKN Ke-56, Dinkes Kabupaten Bandung Ingatkan Kembali Bahwa Covid-19 Masih Ada

- 13 November 2020, 18:12 WIB
 Bupati Bandung Dadang M. Naser menyerahkan piagam penghargaan kepada salah seorang pengurus puskesmas, di Bale Rame Sabilulungan, Soreang, Jumat 13 November 2020.*
Bupati Bandung Dadang M. Naser menyerahkan piagam penghargaan kepada salah seorang pengurus puskesmas, di Bale Rame Sabilulungan, Soreang, Jumat 13 November 2020.* /Dok Humas Kabupaten Bandung


PRFMNEWS - Puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) tingkat Kabupaten Bandung dilaksanakan di Bale Rame Sabilulungan, Soreang pada Jumat 13 November 2020.

Tema dalam kegiatan ini merujuk pada tema Peringatan HKN tingkat nasional yaitu “Satukan tekad menuju kabupaten aehat melalui gerakan bersama melawan Covid-19” dengan sub tema ‘jaga diri, keluarga, dan masyarakat, selamatkan bangsa dari pandemi Covid-19”.

Kegiatan ini dihadiri oleh 300 undangan dari mulai Bupati Bandung Dadang M. Naser, Sekretaris Daerah, para Asisten Daerah, kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bandung beserta staf, para direktur Rumah Sakit, kepala puskesmas, ketua organisasi profesi bidang Kesehatan, sponsorship, dan undangan lainnya.

Konsep acara pada peringatan HKN kali ini adalah menjangkau sasaran atau masyarakat untuk mengingatkan kembali tentang pentingnya penegakkan protokol kesehatan dengan cara membagikan masker, penempelan stiker protokol kesehatan pada kendaraan umum, kendaraan pribadi dan pertokoan, dan twibbon yang di-share melalui medsos Dinas Kesehatan dan di lingkungan internal Dinas Kesehatan.

Baca Juga: Kasus Harian Covid-19 Tembus 5.000 Lebih, Ini Update Corona Indonesia 13 November 2020

Diharapkan ada partisipasi dari masyarakat untuk menggunakan template profile photo yang mengingatkan bahwa setiap orang punya peran untuk melawan Covid-19 melalui penegakkan protokol kesehatan.

Selain itu, acara peringatan HKN ini juga mengingatkan untuk menerapkan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) melalui olahraga.

Oleh karena itu bentuk kegiatan adalah membagikan masker dan stiker dengan cara bersepeda, melaui rute-rute yang ramai dikunjungi masyarakat seperti terminal, pertokoan, pasar, ataupun tempat olahraga.

Selain puncak peringatan HKN yang dipusatkan di Bale Rame Sabilulungan, kegiatan peringatan HKN juga dilaksanakan di 62 puskesmas yang menitikberatkan pada pembagian masker dan penempelan stiker protokol Kesehatan di pondok pesantren, pasar dan terminal yang ada di Kabupaten Bandung.

Sehingga pada hari ini telah dibagikan 23.000 masker dan menempelkan 1.000 stiker protokol kesehatan pada kendaraan umum dan pribadi. Kegiatan pembagian masker ini masih akan berjalan secara simultan untuk hari-hari selanjutnya.

Baca Juga: BeautieSS Skincare Salurkan Bantuan pada Pondok Pesantren Darul Inayah

Dalam sambutannya Bupati Bandung Dadang M. Naser menyampaikan tentang capaian kinerja bidang kesehatan yang menyumbangkan angka tertinggi dalam capaian IPM (Indeks Pembangunan Manusia) Kabupaten Bandung.

Dimana IPM Kabupaten Bandung pada angka yang lebih tinggi dari rata-rata nasional dan Jawa barat.

Selain itu Dadang juga berkenan untuk memberikan piagam sebagai tanda terimakasih kepada 62 puskesmas yang tersebar di Kabupaten Bandung dan 6 RS yang telah berperan aktif dalam penanggulangan Covid-19.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Grace Mediana Purnami dalam kesempatan tersebut mengimbau kepada seluruh masyarakat dan tenaga kesehatan, agar selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah terpapar Covid-19.

Menurutnya, sekuat apapun upaya pemerintah tidak akan cukup apabila tidak didukung oleh masyarakat dengan mematuhi protokol kesehatan.

"Pandemi ini telah dirasakan pengaruhya oleh seluruh sektor yang terdampak, pembatasan mobilitas masyarakat berpengaruh pada aktivitas bisnis yang kemudian berimbas pada perekonomian," ujarnya.

Baca Juga: Polisi Tetapkan 3 Tersangka Baru Kebakaran Kejagung, Ini Perannya

 Bupati Bandung Dadang M. Naser (ketiga dari kiri) dan Kepala Dinkes Kabupaten Bandung Grace Mediana (ketiga dari kanan) memberikan piagam penghargaan kepada pengurus puskesmas, di Bale Rame Sabilulungan, Soreang, Jumat 13 November 2020.
Bupati Bandung Dadang M. Naser (ketiga dari kiri) dan Kepala Dinkes Kabupaten Bandung Grace Mediana (ketiga dari kanan) memberikan piagam penghargaan kepada pengurus puskesmas, di Bale Rame Sabilulungan, Soreang, Jumat 13 November 2020. Dok Humas Kabupaten Bandung


Grace mengatakan, sejumlah hal telah dilakukan untuk menekan perkembangan Covid-19 dan meningkatkan produktifitas masyarakat.

Dari mulai pembuatan regulasi, edukasi, sosialisasi, mitigasi, surveilans, penanganan pasien, penyediaan alat perlindungan diri, pengobatan, peningkatan sumberdaya kesehatan dan secara luas melibatkan seluruh pemangku kepentingan dan komunitas masyarakat perlu terus dilakukan dan ditingkatkan.

"Cepat atau lambatnya penurunan angka penularan virus corona ditentukan oleh kemauan masyarakat untuk patuh dan disiplin menjalankan protokol kesehatan yang ditandai oleh sikap dan perilaku sehat seseorang dalam melakukan aktivitasnya," kata Grace.

Dia melanjutkan, momentum peringatan HKN ke-56 diharapkan dapat membangun semangat dan tekad untuk terus berjuang bersama menyelamatkan bangsa.

"Melalui rangkaian kegiatan HKN, kita mengajak masyarakat untuk belajar dan bertanggung jawab terhadap kesehatan diri yang diwujudkan dengan berperilaku sehat agar terhindar dari berbagai penyakit," tandasnya.

Acara tersebut ditutup dengan pelaksanaan senam protokol kesehatan yang diikuti oleh seluruh peserta dan pembagian doorprize.***

Editor: Rian Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x