Buka Tutup Jalan di Bandung Masih Berlaku, Tapi Sekarang Lebih Fleksibel

- 9 November 2020, 17:37 WIB
Suasana penutupan Jalan Asia Afrika, Kota Bandung dalam rangka AKB masa pandemi Covid-19 pada 27 Oktober 2020.
Suasana penutupan Jalan Asia Afrika, Kota Bandung dalam rangka AKB masa pandemi Covid-19 pada 27 Oktober 2020. /Netizen PRFM Kang Abdul

 

PRFMNEWS - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bersama Kepolisian tetap memberlakukan buka tutup di sejumlah ruas jalan selama masa pandemi Covid-19. Namun, penutupan tersebut sekarang lebih bersifat fleksibel dan menyesuaikan dengan kebutuhan di lapangan.

Wali Kota Bandung, Oded M Danial mengungkapkan, dirinya banyak menerima masukan dari masyarakat dan pengusaha sehingga jalan yang ditutup bisa dilalui kendaraan atau dibuka sesuai kebutuhan. Menurutnya, buka tutup dilakukan secara fleksibel.

"Jalan dibuka saat penutupan karena kemarin ada masukan dari masyarakat dan pengusaha. Kebijakan tersebut dilakukan secara dinamis dan sesuai dengan kebutuhan di lapangan," ujar Oded kepada wartawan di Pendopo kota Bandung, Senin 9 November 2020.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Terus Bertambah di Tengah AKB, Ini Saran Pengamat untuk Pemkot Bandung

Orang nomor satu di Pemkot Bandung ini juga tidak ingin membuat kebijakan yang terlalu kaku, tapi bisa lebih dinamis. Menurutnya, tujuan yang terpenting saat ini adalah penyebaran virus corona dapat terkendali.

Terkait kebijakan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), Oded berjanji segera melakukan evaluasi, untuk memastikan apakah akan menambah sektor yang direlaksasi atau jam operasional usaha yang sudah direlaksasi. Ia mengatakan, seharusnya evaluasi dilakukan pekan kemarin namun tertunda.

Baca Juga: Kawasan Industri di Jawa Barat Kembali Berstatus Zona Merah Covid-19

Lebih lanjut Oded menambahkan, tingkat kepatuhan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan relatif lebih baik dibandingkan daerah lain. Menurutnya, pemerintah berharap masyarakat tetap disiplin dalam memakai masker, menjaga jarak, dan sering mencuci tangan.

"Di Kota Bandung masih bagus, harapan saya warga masih disiplin bagus memberikan kontribusi pengendalian," tandasnya.***

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x