Mampu Menampung Lima Juta Liter Air, Kolam Retensi Gedebage Ditargetkan Rampung Bulan Desember

- 5 November 2020, 17:24 WIB
Pengerjaan proyek Kolam Retensi Gedebage, Kota Bandung, Kamis 5 November 2020.
Pengerjaan proyek Kolam Retensi Gedebage, Kota Bandung, Kamis 5 November 2020. /TOMMY RIYADI/PRFM.

PRFMNEWS - Kolam retensi di Pasar Induk Gedebage, Kota Bandung, yang tengah dikebut pengerjaannya saat ini, ditargetkan rampung pada bulan Desember mendatang. Nantinya, kolam yang pengerjaannya sudah sebesar 42 % ini, di desain mampu menampung volume air sekira 5 juta liter.

Site Manager PT Area Bangun Putera Sejati selaku kontraktor pembangunan, Trisno mengatakan, luas areal kolam retensi yang dikerjakan yaitu sebesar 1400 M2. Untuk mampu menampung volume air sebanyak 5,8 juta liter, kolam tersebut di buat dengan kedalaman sekira 3 meter.

“Per hari Rabu kemarin, progres pengerjaan sudah mencapai 42 persen dari target yang ditetapkan sebesar 35 persen, atau ada kemajuan 7 persen. Akhir kontrak pekerjaan sendiri sampai 17 Desember, tetapi kami upayakan bisa lebih cepat di awal Desember,” jelas Trisno ditemui di lokasi proyek, di Pasar Induk Gedebage, Kamis 5 November 2020.

Baca Juga: Dua Kapolsek di Kabupaten Bandung Diganti, Kapolresta: Saya Ucapkan Terima Kasih

Trisno menambahkan, meski pun kolam retensi ini dibangun untuk mengatasi persoalan banjir yang kerap terjadi di kawasan Gedebage, namun dimensi kolam yang di bangun tidak akan serta merta menghilangkan banjir. Menurutnya, kolam retensi yang nantinya juga difungsikan sebagai ruang publik tersebut, mampu memangkas waktu genangan di Pasar Induk saat terjadi banjir, bisa lebih cepat surut.

Site Manager PT Area Bangun Putera Sejati Trisno saat ditemui di lokasi pengerjaan proyek Kolam Retensi Gedebage, Kota Bandung, Kamis 5 November 2020.
Site Manager PT Area Bangun Putera Sejati Trisno saat ditemui di lokasi pengerjaan proyek Kolam Retensi Gedebage, Kota Bandung, Kamis 5 November 2020. TOMMY RIYADI/PRFM.

“Jadi diharapkan, banjir yang terjadi nanti itu bisa lebih cepat surutnya, dan ketinggian genangan bisa dikurangi. Kami dapat informasi dari warga, bahwa banjir di sini bisa sampai 3 jam surutnya dengan ketinggian 50-60 CM. Diharapkan kolam ini bisa mengurangi durasi genangan setidaknya hanya satu jam,” kata Trisno.

Dengan berfungsinya kolam tersebut, Trisno berharap, aktivitas warga tidak akan terganggu terlalu lama karena genangan air. Saat ini, pihaknya tengah mengerjakan pemasangan Capping Dim yang mengikat konstruksi pondasi kolam, agar saat penggalian yang rencananya akan dilakukan Selasa pekan depan tidak mengganggu konstruksi.

Baca Juga: Jadwal Pertandingan Liga Eropa Malam Ini, Tottenham Hotspurs dan AC Milan Tayang di SCTV

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x