Badan Geologi Selidiki Sesar Baru di Kertasari Penyebab Gempa Kabupaten Bandung

Penulis: Agung Tri Nurcahyo
Editor: Indra Kurniawan
Ilustrasi gempa bumi.
Ilustrasi gempa bumi. /PRFM

PRFMNEWS – Badan Geologi Kementerian ESDM saat ini tengah melakukan penyelidikan sesar aktif baru yang menjadi penyebab gempa bumi M 5,0 mengguncang Kabupaten Bandung dan Kabupaten Garut, Jawa Barat, pada Rabu 18 September 2024.

Lokasi sesar baru yang diteliti Badan Geologi berada di wilayah Kertasari, Kabupaten Bandung. Untuk memetakan patahan baru ini, Badan Geologi menggandeng tim Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjadjaran (Unpad).

Kepala Pusat Survei Geologi Badan Geologi Edy Slameto mengatakan tujuan penyelidikan ini untuk mengetahui karakteristik sesar aktif yang berada di kawasan Kertasari Bandung, serta dapat memitigasi apabila terjadi potensi gempa pada masa mendatang.

Baca Juga: Suporter Persija Dilarang datang ke Stadion Si Jalak Harupat 23 September, Ini Alasannya

"Semoga hasil penyelidikan Badan Geologi dan Unpad bisa menghasilkan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat," kata Edy di Bandung, Jumat 20 September 2024.

Edy menjelaskan, selain di Kertasari, pihaknya saat ini terus melakukan pemetaan patahan aktif di Sejumlah wilayah. Hal ini dilakukan agar pemetaan sesar aktif ini banyak diketahui publik.

"Saat ini kami sedang melakukan pemetaan aktif di level Kabupaten kota, di antaranya Kabupaten Sukabumi, Cianjur, Garut, Kabupaten Bandung, Bandung Barat, Kabupaten Sleman, Bantul dan Kota Surabaya," ungkap dia.

Baca Juga: Heboh Kabar Kim Go-eun Jalan-jalan ke Bandung, Ternyata Lagi Promosi Kopi

Pemetaan ini, imbuhnya, merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memitigasi agar dapat mengurangi dampak yang ditimbulkan oleh gempa di kemudian hari, serta menciptakan kesiapsiagaan yang lebih baik di kalangan masyarakat.

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub