Musim Penghujan, Harga Cabai Merah di Kota Bandung Meroket

- 21 Oktober 2020, 14:56 WIB
Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung Elly Wasliah saat ditemui di Balai Kota Bandung, Rabu 21 Oktober 2020. Dia menyebutkan jika kini harga cabai di Kota Bandung di beberapa pasar sudah mengalami kenaikan yang cukup signifikan sejak 3 pekan silam.
Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung Elly Wasliah saat ditemui di Balai Kota Bandung, Rabu 21 Oktober 2020. Dia menyebutkan jika kini harga cabai di Kota Bandung di beberapa pasar sudah mengalami kenaikan yang cukup signifikan sejak 3 pekan silam. /Tommy Riyadi/PRFM

PRFMNEWS - Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung mengungkapkan harga cabai merah tanjung mengalami kenaikan dua kali lipat dalam tiga pekan terakhir pada musim penghujan ini. Selain itu, harga cabai rawit merah dan cabai keriting merah juga mengalami kenaikan meski tidak signifikan.

Kepala Disdagin Kota Bandung, Elly Wasliah mengungkapkan, dari hasil pemantauan harga komoditas yang dilakukan di 8 pasar tradisional di Kota Bandung, diketahui sejumlah harga komoditas mengalami kenaikan akibat dampak musim penghujan.

"Ada kenaikan, memang berdasarkan pemantauan harga di 8 pasar tradisional kenaikan signifikan cabai merah tanjung, cabai merah keriting, dan cabai rawit merah. Kenaikan signifikan," ujar Elly di Balai Kota Bandung, Rabu 21 Oktober 2020.

Baca Juga: Kemenag Ajak Ormas Hingga Kampus Bahas Rencana Penyiapan Naskah Khutbah

Elly mengungkapkan, kenaikan harga cabai merah sudah berlangsung sejak tiga pekan lalu dengan kenaikan tertinggi Rp25 ribu. Saat ini, harga cabai merah tanjung naik sebesar Rp25 ribu menjadi Rp65 ribu - Rp70 ribu perkilogram dari harga normal Rp30 ribu perkilogram.

Untuk harga cabai keriting merah, kata Elly, turut mengalami kenaikan dari Rp40 ribu menjadi Rp47 ribu perkilogram, termasuk harga cabai rawit mengalami kenaikan. Elly mengatakan penyebab kenaikan harga cabai merah disebabkan faktor musim penghujan, terdapat gagal panen, dan serangan hama.

Menurutnya, musim penghujan menyebabkan kualitas cabai dan sayuran menjadi kurang bagus sehingga pedagang tidak dapat menyetok cabai karena memiliki kandungan air yang banyak. Ia mengatakan, apabila para pedagang menyetok cabai terlalu lama akan cepat busuk.

Baca Juga: Faskes Wajib Patuhi Ketentuan Tarif Swab Tes Rp900 Ribu, Satgas: Kalau Ada yang Tak Patuh, Laporkan!

"Jadi kualitas cabai kurang bagus di musim penghujan dan kekurangan produksi," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x