Berusia 155 Tahun, Inilah Masjid Tertua di Kota Bandung

Penulis: Rian Firmansyah
Editor: Tim PRFM News
Masjid Mungsolkanas yang berada di Cihampelas Kota Bandung menjadi masjid tertua.
Masjid Mungsolkanas yang berada di Cihampelas Kota Bandung menjadi masjid tertua. /laman Humas Kota Bandung

BANDUNG, PRFMNEWS - Penyebaran Islam di Tanah Priangan yang terjadi ratusan tahun lalu banyak meninggalkan bangunan bersejarah. Salahsatunya Masjid Mungsolkanas, yang menjadi masjid tertua di Kota Bandung. Masjid ini sudah berusia 155 tahun, atau berdiri pada 1869.

Masjid Mungsolkanas berada di Gang Mama Winata, Jalan Cihampelas RT 02 RW 05, Kelurahan Cipaganti, Kecamatan Coblong, Kota Bandung. Masjid ini didirikan oleh seorang ulama bernama Kiai Haji Abdulrohim atau kerap dipanggil Mama Aden.

Tidak seperti kebanyakan masjid di Indonesia, yang dinamai menggunakan bahasa Arab, nama-nama tokoh Islam, sahabat Rasulullah, atau Asmaul Husna, nama masjid ini justru menggunakan akronim dari kalimat berbahasa Sunda.

Baca Juga: Pemkot Bandung Buka Pendaftaran Nikah Massal Gratis Sampai Disediakan Seserahan

Dilansir laman bandung.go.id pada Senin 9 September 2024, Marbot Masjid Mungsolkanas Didin menjelaskan sejarah dan asal-usul penamaan masjid tersebut.

Mungsolkanas merupakan singkatan dari kalimat bahasa Sunda 'Mangga Urang Ngaos Sholawat Ka Kanjeng Nabi SAW’. Nama itu diambil dari filosofi doa yang terdapat dalam kitab Tankibulkaul.

Artinya bahwa setiap orang yang membaca dan mengamalkan sholawat kepada Nabi SAW, doanya pasti akan diterima dan dikabulkan oleh Allah SWT.

Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Ojol Kembali Datangi Pasir Impun Senin Hari ini

Masjid yang terletak di daerah pemukiman padat penduduk di kawasan Cihampelas ini awalnya hanyalah bangunan panggung yang terbuat dari bilik.

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub