Banyak Picu Kecelakaan, 25 Titik Pintu Perlintasan Liar Kereta Api Ditutup KAI Bandung Selama 8 Bulan

Penulis: Agung Tri Nurcahyo
Editor: Indra Kurniawan
Kebiasaan buruk pengguna sepeda motor di perlintasan sebidang yang dapat mengundang kecelakaan. PT KAI Daop 2 Bandung sepanjang Januari hingga September 2024 telah menutup 25 perlintasan sebidang.
Kebiasaan buruk pengguna sepeda motor di perlintasan sebidang yang dapat mengundang kecelakaan. PT KAI Daop 2 Bandung sepanjang Januari hingga September 2024 telah menutup 25 perlintasan sebidang. /GALAMEDIANEWS/Heriyanto/

PRFMNEWS - PT Kereta Api Indonesia atau KAI Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung telah menutup total sebanyak 25 titik pintu perlintasan liar sepanjang periode Januari hingga September 2024.

Terbaru, KAI Daop 2 Bandung menutup 2 titik perlintasan liar kereta api pada Jumat 6 September 2024. Lokasinya di petak jalan antara Stasiun Cimekar - Stasiun Rancaekek, dan petak jalan antara Stasiun Ciganea - Stasiun Purwakarta.

Manager Humas PT KAI Daop 2 Bandung Ayep Hanapi merinci dari total 25 titik pintu perlintasan liar, terbagi atas :

Baca Juga: Penumpang KA Cepat Whoosh Sudah Capai 5 Juta Penumpang Tepat di Hari Pelanggan Nasional 2024

- 6 titik di Kabupaten Garut
- 1 titik di Kabupaten Cianjur
- 2 titik di Kabupaten Ciamis
- 3 titik di Kabupaten Bandung
- 6 titik di Kabupaten Sukabumi
- 2 titik di Kabupaten Tasikmalaya
- 2 titik di Kota Tasikmalaya
- 1 titik di Kota Bandung
- 2 titik di Kabupaten Purwakarta.

Menurut Ayep penutupan perlintasan liar ini merupakan upaya untuk mencegah terjadinya kecelakaan dan bagi masyarakat untuk menggunakan jalan alternatif.

"Selama Januari - September 2024, tercatat ada sebanyak 16 kasus kecelakaan yang terjadi di perlintasan sebidang dengan jumlah korban 8 meninggal dunia, 1 luka berat dan 2 luka ringan," ungkap Ayep di Bandung, Jumat 6 September 2024.

Baca Juga: Promo Jelang HUT KAI 2024, Diskon Tiket KA 20 Persen untuk Semua Kelas Kereta pada September

Ayep menambahkan, sebelum melakukan penutupan, pihaknya telah melakukan sosialisasi dengan mendatangi unsur kewilayahan dan warga di sekitar lokasi serta pemasangan spanduk pemberitahuan.

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub