Yena Ma'soem Kasih Tips Cegah Monkeypox dengan Cara Mudah

Penulis: TIM PRFM
Editor: Indra Kurniawan
Calon Wakil Wali Kota Bandung Yena Iskandar Ma'soem saat mendampingi pemeriksaan kesehatan warga RW 10 di Kelurahan Cisaranten Kulon, Kecamatan Arcamanik, Kota Bandung, Minggu 7 September 2024
Calon Wakil Wali Kota Bandung Yena Iskandar Ma'soem saat mendampingi pemeriksaan kesehatan warga RW 10 di Kelurahan Cisaranten Kulon, Kecamatan Arcamanik, Kota Bandung, Minggu 7 September 2024 /

PRFMNEWS - Calon Wakil Wali Kota Bandung, Yena Iskandar Ma'soem berikan tips mencegah cacar monyet atau monkeypox.

Menurut pendamping Arfi Rafnialdi di Piwalkot Bandung tersebut, cara termudahnya adalah dengan membiarkan badan kita tersinari matahari pagi dengan rutin. Meski secara umum dikenal sinar matahari mengandung vitamin D, namun tidak demikian sebenarnya.

"Vitamin D itu datangnya dari tubuh kita sendiri, hanya saja sinar matahari pagi akan merangsang vitamin tersebut muncul. Salah satunya yah dengan olah raga pagi seperti sekarang ini," kata Yena saat mengadakan senam bersama warga RW 10, Kelurahan Cisaranten Kulon, Kecamatan Arcamanik, Kota Bandung, Minggu 7 September 2024 pagi.

Yena juga menilai jika berolah raga maka seperti diketahui bersama akan merangsang hormon endorfin. Melalui hormon ini akan membuat kita merasakan kebahagiaan yang meningkatkan imunitas terhadap penyakit.

"Faktor makanan bergizi juga penting bagi imunitas tubuh kita. Nah yang harus dijaga, monkeypox ini lebih rentan menyerang anak-anak, karenanya jajanan anak pun harus diawasi oleh orang tuanya," tambah Calon Wakil Wali Kota Bandung yang diusung Partai Golkar, PSI, PAN, Hanura dan Partai Garuda.

Selain berolah raga, menurut Yena, hiburan sesekali perlu dilakukan untuk membuat imunitas tubuh terhadap monkeypox menguat. Hanya saja hiburan masing-masing orang berbeda-beda sehingga tidak bisa disamaratakan.

"Virus seperti monkeypox dan Covid selain omicron dan delta bahkan tidak bisa menularkan meski kita berdekatan atau satu rumah dengan penderitanya. Hal ini asalkan imunitas orang di sekitarnya kuat," ujarnya.

Disinggung mengenai acara senam bersama tersebut, menurut Yena acara ini adalah sebagai bentuk silaturahmi dengan warga Kota Bandung. Khususnya dalam menjaga kekompakan dan yang utama adalah memperluas jaringan kekeluargaan warga Kota Bandung.

"Kami juga selain acara senam juga menyediakan pemeriksaan gratis bagi masyarakat. Apalagi kebanyakan yang mengikuti kegiatan senam ini adalah dari kalangan emak-emak," paparnya.

Halaman:

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub