Farhan-Erwin Pasangan Calon Walikota-Wakil Walikota Bandung dengan Popularitas dan Elektabilitas Tertinggi

Penulis: Indra Kurniawan
Editor: Tim PRFM News
Muhammad Farhan dan Erwin maju sebagai bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung.
Muhammad Farhan dan Erwin maju sebagai bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung. /Pikiran Rakyat/Elfrida/

PRFMNEWS - Rubrik Poling Indonesia (RPI) belum lama ini telah melakukan survei di kota Bandung, Jawa Barat. Survei ini dilakukan pada periode 30 Agustus sampai 2 September pasca Para Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung mendaftarkan diri ke KPU Kota Bandung.

Survei ini bertujuan untuk memotret peluang para bakal Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Bandung yang mulai jadi perbincangan publik di kota Bandung menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024.

Populasi survei ini adalah seluruh warga Negara Indonesia di kota Bandung yang memilikihak pilih dalam pemilihan umum yaitu mereka yang telah berumur 17 tahun ke atas atau mereka yang telah menikah ketika survei dilakukan.

Survei ini mengambil sampel 800 responden, penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling ukuran sampel basis 800 orang responden memiliki tolersansi kesalahan (margin of error) +_5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Responden telah diwawancara lewat tatap muka oleh pewancara yang telah dilatih. Kendali kualitas terhadap hasil wawancara yang dilakukan secara random 20 persen dari total sampel oleh supervisor dengna kembali mendatangi responden terpilih (spotcheck). Dalam kendali kualitas ini tidak ditemukan kesalahan yang berarti.

Dalam evaluasi terhadap kinerja mantan walikota Bandung AA mulyana yang terjerat kasus korupsi, survei Rubrik Poling Indonesia menemukan ketidakpuasan masyarakat kota bandung terhadap pemerintahan Aa mulyana, walaupun saat ini posisi kota Bandung diwakili oleh PJ Walikota.

Terkait peluang elektoral dari para bakal calon walikota dan wakil walikota menjelang pilkada kota bandung mendatang, survei Rubrik Poling Indonesia menemukan 4 pasang Calon Walikota dan wakil Walikota Bandung yang telah mendaftarkan diri ke KPUD Kota Bandung ada delapan nama yang telah sah dan terdaftar sebagai pasangan Calon yang memiliki angka Popularitas diatas 30 persen.

Delapan nama itu adalah Arfi Rafnialdi, Muhamad Farhan, Haru Suandharu, Dandan riza Wardana, Erwin, Yena Iskandar Ma’soem, Dhani Wirianata dan Arif Wijaya.

Popularitas merupakan elemen dasar dalam politik elektoral karena tidak mungkin bakal calon dipilih apabila tidak dikenal. Namun popularitas juga belum tentu dipilih jika ada bakal calon lain lebih disukai. Oleh karena itu, popularitas saja tidak cukup tetapi bakal calon juga disukai kata peneliti Rubrik Poling Indonesia, Alif Syahrijal.

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub