Penjelasan BMKG Soal Gempa Magnitudo 3,2 yang Guncang Kabupaten Bandung Siang Tadi

Penulis: Rifki Abdul Fahmi
Editor: Tim PRFM News
Ilustrasi gempa bumi.
Ilustrasi gempa bumi. /PRFM

PRFMNEWS - Gempa dengan magnitudo 3,2 mengguncang Kabupaten Bandung pada siang hari tadi Kamis, 5 September 2024. BMKG memberikan penjelasan mengenai gempa tersebut.

Dalam keterangan yang diterima redaksi prfmnews.id, gempa tersebut merupakan gempa bumi tektonik yang tercatat terjadi pada pukul 14:20 WIB.

Untuk episenter atau pusat gempa terletak pada koordinat 7.21 Lintang Selatan dan 107.55 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 21 km Tenggara Kabhupaten Bandung pada kedalaman 13 km.

Baca Juga: Kabupaten Bandung Diguncang Gempa Siang ini

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang mengguncang Kabupaten Bandung siang tadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif wilayah setempat.

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa ini dirasakan di beberapa wilayah seperti di Pangalengan, Cimaung, dan Ciwidey.

Adapun skala Intensitas gempa ini pada skala intensitas gempa II-III MMI di mana getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang dengan getaran dirasakan nyata dalam rumah dengan getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Baca Juga: Cara Mengatasi Gangguan Kecemasan dengan Cara yang Mudah

Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa tersebut.***


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub