Pemkot Bandung Rekrut 4.700 Tenaga Kerja Padat Karya di 86 Lokasi, Bertugas 4 Jam Per Hari

Penulis: Agung Tri Nurcahyo
Editor: Rian Firmansyah
 Rancasari Jadi Peserta Padat Karya Pemkot Bandung, Kerja 10 Hari Digaji Rp1,3 Juta, Kamis 22 September 2022.
Rancasari Jadi Peserta Padat Karya Pemkot Bandung, Kerja 10 Hari Digaji Rp1,3 Juta, Kamis 22 September 2022. /Diskominfo Kota Bandung



BANDUNG, PRFMNEWS – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung melalui Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) membuka lowongan kerja guna menjalankan program Padat Karya yang kembali digelar pada tahun 2024. Ini merupakan program reguler Disnaker Kota Bandung dan hasil anggaran pengajuan Musrenbang 2023.

Sebanyak 4.300 tenaga kerja direkrut untuk bertugas melaksanakan berbagai kegiatan selama program Padat Karya berlangsung di 86 lokasi Kelurahan se-Kota Bandung.

Setiap tahun, lokasi pelaksanaan Padat Karya di Kota Bandung terus bertambah, sehingga membuka peluang lapangan kerja yang lebih bagi warga.

"Program padat karya tahun ini ada di 86 titik. Ini merupakan program reguler dan hasil Musrenbang yang dilaksanakan," kata Kepala Disnaker Kota Bandung Andri Darusman, Selasa 3 September 2024.

Baca Juga: Imbauan WFH Bagi Karyawan di Jakarta pada Kamis 5 September, Heru Budi: untuk Hindari Kemacetan

Para pekerja program Padat Karya 2024 akan diberi upah atau gaji dengan tanggung jawab pekerjaan yang diberikan antara lain membersihkan gorong-gorong atau saluran air. Saluran yang banyak timbunan sampah atau endapan dikeruk untuk mengantisipasi banjir saat musim hujan.

Jam kerja para pekerja Padat Karya, kata Andri, yakni mulai pukul 08.00 sampai 12.00 WIB per hari selama total 10 hari. Program ini diprioritaskan untuk warga yang tidak memiliki pekerjaan agar membantu mereka yang masih pengangguran.

Berdasarkan data dari Disnaker Kota Bandung sampai 31 Agustus 2024, beber Andri, program Padat Karya telah dilaksanakan di 77 lokasi dan berhasil menyerap 3.850 orang tenaga kerja.

Andri menyebut program ini disambut positif oleh warga sehingga mereka merasa bersyukur karena dapat dengan mudah mendapat kesempatan kerja.

Seperti yang terlihat di Kelurahan Cipadung Kecamatan Cibiru. Puluhan warga Kelurahan Cipadung mengikuti program pemberian kerja ini yang dilaksanakan selama 10 hari.

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub