Nyambung Flyover Pasupati, Tol Dalam Kota Bandung Akan Dibangun 4 Fase Rute hingga Cileunyi

Penulis: Agung Tri Nurcahyo
Editor: Rian Firmansyah
Rencana pembangunan Tol Dalam Kota Bandung menuai pro dan kontra di tengah masyarakat.
Rencana pembangunan Tol Dalam Kota Bandung menuai pro dan kontra di tengah masyarakat. /Pikiran Rakyat/Armin Abdul Jabbar/

BANDUNG, PRFMNEWS – Pembangunan Jalan Tol Dalam Kota Bandung atau Bandung Intra Urban Toll Road (BIUTR) diproyeksikan memiliki jalur rute terhubung dengan jalan layang atau Flyover Pasupati atau Flyover Prof. Mochtar Kusumaatmadja. Target terbaru pemerintah diharapkan BIUTR dibangun mulai tahun 2024.

Selain Flyover Pasupati, jalur rute Tol Dalam Kota Bandung akan dibangun melewati sejumlah ruas jalan lain hingga berakhir di wilayah Cileunyi, Kabupaten Bandung. Pembangunan rute keseluruhan direncanakan dikerjakan dalam empat fase atau tahap.

Panjang total Tol Dalam Kota Bandung dengan rute melewati Flyover Pasupati hingga Cileunyi adalah sekira 27,3 kilometer (km). Bentuk struktur BIUTR menurut rencana awal seluruhnya akan dibangun berupa elevated atau berbentuk jalan layang atau ada di atas jalan raya.

Baca Juga: Kurang 24 Jam, Pelaku Pelecehan Petugas SPBU di Cianjur Ditangkap Polisi

Dikutip dari Pikiran Rakyat, daftar titik jalan yang ditargetkan dilewati rute Tol Dalam Kota Bandung antara lain Gerbang Tol Pasteur – Jalan Dr. Djunjunan (Pasteur) – Flyover Pasopati – Gasibu – Jalan Surapati – Junction Pusdai – Jalan PHH Mustopa – Junction Ujungberung – Cibiru – Junction Cileunyi.

Namun daftar jalan dan daerah yang akan dilewati Tol Dalam Kota Bandung ini masih bisa saja mengalami perubahan sesuai hasil kesepakatan lebih lanjut berbagai stakeholders terkait berdasarkan hasil kajian lanjutan sebelum proses pekerjaan pembangunan BIUTR dilakukan.

Adapun menurut rencana awal, fase pembangunan Tol Dalam Kota Bandung akan dibagi menjadi 4 fase yakni sebagai berikut:

Fase 1: Jalan Pintu Tol Pasteur dibuat elevated (tingkat), dan menyambung dengan Flyover Pasopati sepanjang 2,3 km. Lalu jalur akan tersambung underpass sepanjang 0,55 km dari Lapangan Gasibu menuju Kantor Dinas Pertanian.

Fase 2: Dari Underpass Gasibu akan dibangun jalur onpass (di atas tanah) hingga Cileunyi yang terbagi menjadi 3 seksi yaitu Seksi I Gasibu – Cicaheum, Seksi II (Cicaheum – Ujungberung) dan Seksi III Ujungberung – Cileunyi.

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub