Pelebaran Jalan Akses Tol KM 151 Padaleunyi Terhambat Pembebasan Lahan yang Terlalu Mahal

Editor: Rian Firmansyah
Akses exit tol KM 149 Gedebage yang masih ditutup.
Akses exit tol KM 149 Gedebage yang masih ditutup. /Prokopim Kota Bandung/

BANDUNG, PRFMNEWS - Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Jawa Barat, Bambang Tirtoyuliono mengatakan, gerbang tol (GT) KM 151 Tol Padaleunyi saat ini sedang dilakukan penetapan lokasi dan engineering sosialnya.

"Ditargetkan 2025, 100 persen operasional, pada gerbang tol 149 dan 151. Sehingga KCJB itu betul-betul optimal," kata Bambang, dikutip prfmnews.id dari ANTARA, Senin 26 Agustus 2024.

Menurut Bambang, untuk akses jalan ke gerbang tol 151 idealnya ada pelebaran jalan. Namun, biaya untuk pembebasan lahan di kawasan tersebut dianggap terlalu mahal.

"Jadi disesuaikan lah. Jalan Cimencrang itu kan statusnya punya Kota Bandung, biaya pembebasan di sana terlalu mahal, tapi nanti kita coba upayakan," katanya.

Baca Juga: Profil Singkat Bernadya, Penyanyi Muda Berbakat yang Sedang Viral

Sementara itu, terkait kapan waktu pembukaan Tol KM 149 dan KM 151, Bambang menjelaskan, Pemprov Jabar telah menargetkan dua tol tersebut bakal dibuka awal tahun 2025.

"Ya, jadi 149 ini akan fungsional dulu. Kan itu masuknya ke Proyek Strategis Nasional (PSN), karena di 149 itu ada kerusakan struktur, dan sedang diperbaiki," ucap Bambang Tirtoyuliono.

Sebelumnya, Sekda Jabar Herman Suryatman mengatakan, exit tol 149 dan gerbang tol 151 bakal menjadi jalur alternatif untuk masuk ke Stadion GBLA, Masjid Raya Al Jabbar, kawasan bisnis dan permukiman Summarecon serta Stasiun Kereta Cepat Whoosh Tegalluar.

Baca Juga: PDIP Resmi Usung Andhika Perkasa dan Hendrar Prihadi di Pilgub Jateng 2024

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub