Kenapa Dinamakan Cibiru? Begini Asal-usul Nama Daerah Sering Macet di Bandung Ini

Penulis: Rian Firmansyah
Editor: Tim PRFM News
Lalu lintas di Jalanan Cibiru arah Cileunyi Kabupaten Bandung macet lantara ada truk yang mogok, Kamis 7 Maret 2024 sore
Lalu lintas di Jalanan Cibiru arah Cileunyi Kabupaten Bandung macet lantara ada truk yang mogok, Kamis 7 Maret 2024 sore /NETIZEN PRFM

BANDUNG, PRFMNEWS - Cibiru adalah salah satu kecamatan di Kota Bandung yang jadi gerbang masuk kota kembang dari sebelah timur. Tak heran, di daerah ini sering terjadi kemacetan, terutama di ruas penghubung kota dan kabupaten Bandung.

Berdasarkan data dari portal Kota Bandung, Cibiru memiliki luas wilayah 1.079.427 hektare yang terbagi dalam enam kelurahan.

Kecamatan ini berbatasan dengan Cilengkrang di sebelah utara dan barat laut, Cileunyi di sebelah timur, timur laut, dan tenggara.

Baca Juga: GRATIS! Klik Link Live Streaming Semen Padang FC vs PSS Sleman di Liga 1 Hari Ini

Kemudian berbatasan juga dengan Panyileukan di sebelah selatan dan barat daya, serta dengan Ujungberung di sebelah barat.

Seperti daerah lainnya, penamaan Cibiru memiliki asal-usul yang cukup unik dan terntunya punya sejarah panjang.

Dikutip dari Buku Toponimi Bandung karya T. Bachtiar pada Senin 26 Agustus 2024, konon nama Cibiru berasal dari air dan pohon yang berwarna biru.

Nama Cibiru merupakan gabungan dari Ci atau berarti air dan Biru yang diambil dari nama sebuah pohon.

Baca Juga: Apa Kabar Exit Tol KM 149 Tol Padaleunyi? Kapan Dibuka? Pemprov Jabar Ungkap Kabar Terbarunya

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub