Tol Dalam Kota Bandung Akan Dibangun 2 Segmen, Panjang Rute 27 Km Lewati Sejumlah Daerah Termasuk Gedebage

Penulis: Agung Tri Nurcahyo
Editor: Indra Kurniawan
Jalan tol dalam Kota Bandung/ilustrasi kemacetan
Jalan tol dalam Kota Bandung/ilustrasi kemacetan /pikiran-rakyat.com/

PRFMNEWS - Pembangunan Jalan Tol Dalam Kota Bandung atau Bandung Intra Urban Toll Road (BIUTR) dipastikan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono akan dimulai tahun 2024. Proyek BIUTR masuk dalam daftar infrastruktur prioritas di Jawa Barat (Jabar) yang siap direalisasikan Kementerian PUPR pada tahun ini.

Desain jalur rute dan lokasi wilayah yang akan dilewati proyek Tol Dalam Kota Bandung berbentuk jalan layang ini sudah ada sejak beberapa tahun lalu. Menteri Basuki Hadimuljono menyatakan proyek BIUTR yang diharapkan bantu mengatasi kemacetan lalu lintas di Kota Bandung ini sudah tertunda selama 17 tahun.

“Untuk mengatasi kemacetan di Kota Bandung, kami sepakat untuk melanjutkan Bandung Intra Urban Tol Road. Kami akan memulai proses untuk membantu percepatan pembangunan tol yang sudah mangkrak hampir 17 tahun tersebut dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Jadi kita lelangkan segera, kita meneruskan,” ujar Menteri PUPR di Jakarta, Rabu 28 Februari 2024.

Baca Juga: Pakar Transportasi Sebut Tol Dalam Kota Bandung Tidak Akan Atasi Kemacetan, Ini Alasannya

Rencana rute dan daerah yang akan dilintasi Tol Dalam Kota Bandung sudah dibahas pada 2014 lalu sebelum Ridwan Kamil menjabat gubernur Jabar, yakni ketika dia masih menjadi wali kota Bandung periode 2013-2018. KM 149 Tol Padaleunyi, Gedebage, bahkan disebut menjadi salah satu titik yang akan dilintasi rute BIUTR.

Tol Dalam Kota Bandung, ujar Ridwan Kamil, direncanakan memiliki dua segmen, yakni Segmen I menghubungkan Pasteur – Cileunyi sepanjang 20,6 kilometer (km) dan Segmen II menghubungkan Ujungberung – Gedebage dengan panjang 6,7 km.

Ridwan Kamil kala itu menargetkan pembangunan fisik proyek Tol Dalam Kota Bandung yang direncanakan dibangun sepanjang total 27,3 km itu dapat direalisasikan pada April 2015. Meski terkendala masalah pembebasan lahan pada wilayah yang akan menjadi rute lintasan BIUTR.

Baca Juga: PUPR Akan Bangun Tol Dalam Kota Bandung Berbentuk Jalan Layang di 2024, Rute Lewat KM 149 Gedebage

“Selama ini proyek bernama Bandung Intra Urban Tol Road (BIUTR) terbengkalai karena masalah pembebasan lahan yang izinnya dimiliki berbagai kementerian. Tapi enam bulan bisa selesai izinnya," kata Ridwan Kamil pada acara ‘Indonesia Infrastructure Week 2014’ di Jakarta, Kamis 6 November 2014.

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub